Ndalem Madukusuman Masih Masih Tampak Aslinya

Desember 02, 2022
Jumat, 02 Desember 2022


 Ndalem Madukusuman Utuh Tapi Perlu perhatian khusus

GUGAT news. com SOLO 

Ndalem Madukusuman ini tepatnya berada di sebelah Utara tembok benteng cempuri Keraton Kulon Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau persis di sebelah timur dari Ndalem Mangkubumen yang sekarang ini tampak mangkrak seperti tidak berpenghasilan.

Sedangkan Ndalem Madukusuman ini masih di lenggahi atau dipakai oleh keluarga salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Madukusuma, adik kandung dari KGPH Puger. Saat ini, kondisi Gusti Madu, sapaan akrab KGPH Madukusuma, tengah terbaring sakit.

Sayangnya, GUGAT news. com oleh Gusti Puger, panggilan akrab KGPH Puger yang mengajak besuk Gusti Madu ke Ndalem Madukusuman tidak diperkenankan untuk masuk menemui Gusti Madu yang tengah sakit. Pastinya, tidak bisa memberikan gambaran seutuhnya akan kondisi Ndalem Madukusuman. 

"Besuk saja, kapan kapan kita main lagi ke Ndalem Madukusuman kalau adik saya sudah sembuh. Nanti setidaknya bisa cerita tentang suasananya Ndalem Madukusuman yang saat ini ditempati. Yah... begitulah kondisinya. Mungkin perlu banyak perbaikan, yang jelas atap nya mulai banyak yang keropos jati Reng, usul dan blandar. Untuk Soko guru nya seperti masih bagus meski sudah berusia ratusan tahun," jelas Gusti Puger seraya mengajak GUGAT news pulang dari Ndalem Madukusuman. # Yani

Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Banaran Gagaksipat Ngemplak Boyolali 








Thanks for reading Ndalem Madukusuman Masih Masih Tampak Aslinya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS