Pemdes Makamhaji Bersama BPD Persiapkan Perdes Pemakaman

Desember 28, 2022
Rabu, 28 Desember 2022


 Kepala Desa Makamhaji Agus Purwanto,SE memberikan sambutan saat Raperdes Pemakaman ( Senin 26/12/22)

GUGAT news.com SUKOHARJO 

Senin 26 Desember 2022 bertempat di Balai Desa Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo  Pemerintah Desa Makamhaji bersama BPD ( Badan Permusyawaratan Desa ) Desa Makamhaji mengundang Ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat untuk berencana mempersiapkan Peraturan Desa ( Perdes) tentang pemakaman.


Respon dan aspirasi dari masyarakat yang hadir di Balai Desa Makamhaji

Namun karena hujan sangat deras akhirnya hanya 70%  yang hadir  dari 75 RT dan 23 RW yang diundang. Musyawarah yang dipimpin Wakhid dengan pemaparan Perdes Pemakaman sekaligus pemimpin sidang oleh Ketua BPD Haryono Subagyo, SE,MM.


Pimpinan Sidang sekaligus Ketua BPD Makamhaji Haryono Subagyo,SE,MM memberikan paparan Perdes Pemakaman

Dalam sambutannya Kepala Desa Makamhaji Agus Purwanto,SE mengatakan,"Disini ternyata banyak histori terkait tanah pemakaman yang berakibat permasalahan baru bagi Pemerintah Desa  ditambah laporan dan masukan warga tentang biaya pemakaman , siapa saja yang punya hak dimakamkan di pemakaman tanah Makamhaji  serta saat ini mulai terbatasnya lahan pemakaman di astana pemakaman khususnya yang ada di 4 dusun ini."


Dan dari latar belakang ini membuat perlunya Peraturan Desa terkait Pemakaman agar ada kesamaan peraturan tentang pemakaman dari 4 Dusun di Desa Makamhaji ini.

Haryono Subagyo, SE,MM mengatakan,"Kami sengaja mengajak masyarakat melalui ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat agar pengalaman-pengalaman terkait pemakaman bisa mejadi acuan menuju sempurnanya Perdes pemakaman dan kedepannya tidak ada permasalahan lagi  karena sudah ada kesepakatan , persamaan perlakuan yang sudah disetujui bersama." tegasnya.


Karena terbatasnya waktu, sedangkan aspirasi dari warga teryata banyak sekali tentang terkait Pemakaman  maka hari itu Raperdes Pemakaman belum bisa tuntas. 

Haryono Subagyo , SE, MM menambahkan "Disini tetap membutuhkan masukan masyarakat sebagai bagian penentu Peraturan Desa Pemakaman ini bisa sempurna meskipun masih mengacu Perdes yang sudah ada."


Maka masukan tentang terkait pemakaman masih ditunggu sampai akhir Desember 2022 bisa tertulis maupun via grop. 

Terkait pembukaan lahan baru pemakaman dari tanah Kas desa, Pemeritah Desa sudah menyetujui dan sudah ada lahannya di Desa Gantugan. Hanya saja masih perlunya sosialisasi keadaan lokasi tanah kas Desa tersebut karena masih perlunya pembenahan disamping dekat sungai serta solusi jalan akses keluar  untuk lahan yang akan disiapkan sebagai pemakaman baru itu. 


Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

Pemerintah Desa bersama BPD sangat berharap dukungan masyarakat agar Perdes Pemakaman yang akan dibuat ini betul-betul bisa diterima masyarakat  sebagai sebuah kesepakatan sekaligus, kebersamaan yang tidak memberatkan semua lapisan masyarakat khususnya warga Desa Makamhaji. 

Nantinya Perdes Pemakaman yang sudah jadi akan disosialisasilan lagi bersama semua yang terkait petugas pemakaman.#Taufik / Yani.


Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Banaran Gagaksipat Ngemplak Boyolali 










Thanks for reading Pemdes Makamhaji Bersama BPD Persiapkan Perdes Pemakaman | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS