Taman Jogo Kali, Renovasi Pasar Jongke Sama Dibangun Di Bantaran Sungai

Juni 23, 2023
Jumat, 23 Juni 2023


 Taman Jogo Kali dibangun di atas bantaran Sungai Bengawan Solo. 

GUGAT news.com SOLO

Baik keberadaan bangunan Taman Jogo Kali yang ada di Pucangsawit, Jebres maupun renovasi Pasar Jongke, Pajang, sama. Artinya, keduanya sama sama dibangun di atas sepadan bantaran sungai. Taman Jogo Kali berada di bantaran Sungai Bengawan Solo, sedangkan renovasi Pasar Jongke serta revitalisasi Sungai Premulung yang merupakan anak Sungai Bengawan Solo. Keduanya memilikinya pula persamaan, rawan banjir.

Dr H MS Kalono (baju putih) selaku kuasa hukum bersama warga bantaran Sungai Jenes Mojo yang dibela

Sebenarnya tidak sedikit bangunan didirikan di atas sepadan bantaran sungai dan berkaitan dengan kegiatan ekonomi. Bahkan di bantaran sungai Banaran, Grogol, Sukoharjo, pernah ada bangunan permanen yang menempati bantaran sungai dan diperuntukkan untuk wisata air, kolam renang, pemandian umum.  Inipun berjalan puluhan tahun dan aman aman saja.

puluhan rumah permanen di Bantaran Sungai Jenes Pajang

"Mungkin Taman Banana Garden Destinasi Wisata air yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo wilayah Mojo yang kini telah ditutup, bisa jadi pemerintah berkenan memberikan ijin dengan persyaratan yang cukup ketat berkaitan dengan dampak bahaya banjir. Setidaknya seperti revitalisasi Sungai Premulung Pasar Jongke yang dibangun oleh pemerintah bisa jadi acuan bagi swasta yang hendak berkegiatan ekonomi di bantaran sungai," harap Kalono.

Selain Banana Garden, mungkin juga Taman Jogo Kali atau bahkan lainnya yang ada di bantaran anak Sungai Bengawan Solo di sekitar Soloraya ini, bisa diberikan kemudahan ijin oleh pemerintah yang terkait, semisal BBWSBS maupun PUPR. Artinya, selama bangunan yang dimaksudkan untuk kegiatan perekonomian umum oleh pihak swasta ini, tidak cukup membahayakan dengan bangunan sesuai standard pemerintah perlu didukung keberadaannya.

Bisa jadi, lanjut Ustadz Kalono, panggilan akrab Dr H MS Kalono SH MSi, destinasi wisata air yang ada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul hingga puluhan destinasi wisata air laut lantaran dibangun di atas bantaran laut menjadikan acuan tersendiri. 

"Kabetulan Soloraya ini sepi dari destinasi wisata air, sehingga tidak ada salahnya pemerintah berkenan mendukung mereka para pemilik modal yang hendak melakukan aktifitas perekonomian di sekitar bantaran sungai. Baik Sungai Bengawan Solo ataupun anak Sungai Bengawan Solo yang ada di Soloraya ini. Pastinya dengan persyaratan yang cukup ketat. Seperti revitalisasi Pasar Jongke," himbau Dr H MS Kalono SH MSi. # Yani

Thanks for reading Taman Jogo Kali, Renovasi Pasar Jongke Sama Dibangun Di Bantaran Sungai | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS