Tarian Topeng Ireng Gambaran Perjuangan Diponegoro

November 28, 2023
Selasa, 28 November 2023


 Tarian Topeng Ireng atraksi di Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto ; Yani

GUGAT news.com SOLO

Siang itu Minggu (26/11) sekitar pukul 10.00 WIB, suasana halaman Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang biasanya ramai dengan pedagang kulineran angkringan, motor dan mobi yang parkir, namun tidaklah demikian dengan saat itu. Puluhan pelaku kebudayaan dari berbagai daerah di Soloraya, Jawa Tengah dan Jawa Timur kumpul.

" Ini memperingati 92 tahun PAKASA Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang menghadirkan atraksi budaya dari anggota PAKASA Soloraya, Jawa Tengah dan Jawa Timur," terang Kanjeng Pangeran )KP) Edhie Wirabhumi.

Dalam kesempatan itu, diterangkan oleh pegiat budaya yang juga merupakan kerabat Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Raden Surodjo menceritakan tentang sejarah lahirnya tarian Topeng Ireng Boyolali. "Tarian Topeng Ireng ini merupakan cerita nyata yang dijalani salah satu anak buah Pangeran Diponegoro," jelas Raden Surodjo.

Ditambahkan Raden Surodjo, ada salah satu anak buah Pangeran Diponegoro yang terkenal ahli strategi perang gerilya. Dalam gerilya itu, selalu berpakaian serba hitam kehitaman dan bertopeng hitam pula, sehingga sulit untuk dilihat mata telanjang, apalagi jika malam hari, Belanda tak mampu mendeteksinya apalagi menangkap.

Bisa dipastikan lagi, Belanda sangat marah sekali dengan si Topeng Ireng yang sudah membunuh ratusan bahkan mungkin ribuan tentara Belanda. Konon, sampai akhir hayatnya, gerilyawan Topeng Ireng tidak pernah tertangkap oleh Belanda. 

"Sehingga untuk mengenang jasa besarnya, di Kabupaten Boyolali dibuat semacam tarian Topeng Ireng yang ternyata sangat populer di berbagai daerah di Indonesia. Sebagai buktinya, Topeng Ireng biasa diminta tampil di setiap acara budaya di tanah air Seperti kali ini di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat!" ujar Raden Surodjo, bangga. #Yani.


Thanks for reading Tarian Topeng Ireng Gambaran Perjuangan Diponegoro | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS