Sungai Peninggalan Jaka Tingkir Dibersihkan

Desember 14, 2023
Kamis, 14 Desember 2023

Puluhan relawan bersihkan Kali Jenes peninggalan sejarah Jaka Tingkir

GUGAT news.com SOLO
Pagi itu, Selasa (14/12) sekitar pukul 08.00 wib, puluhan atau bahkan ratusan dari berbagai elemen sukarelawan yang ada di Kota Solo tampak memenuhi halaman Masjid tertua di Kota Solo, Masjid Laweyan untuk melakukan persiapan pembersihan sampah di Sungai Jenes, Laweyan, sungai peninggalan Sultan Hadiwijaya atau Mas Karebet, Joko Tingkir 1546.

Hari itu, sekalipun kegiatan untuk mengangkat sampah yang menggunung di bawah jembatan dikerjakan oleh ratusan relawan, hanya saja tak mampu mengangkat kesemuanya sampah bongkahan bambu dan kayu itu. Baru saja 2 truck sampah terangkut, mereka mengaku kondisi di bawah jembatan sangat panas sekali.

Waktu adzan lohor pun menggema dari speaker Masjid Laweyan, mengisyarakatkan untuk sementara waktu pekerjaan diistirahatkan, diselingi makan minum siang. Hanya saja, istirahat' yang seharusnya hanya untuk makan dan shalat lohoran, ternyata berkepanjangan. Dampaknya serasa males untuk kembali bekerja sekalipun untuk istirahat sudah lebih dari 1 jam.

Bisa jadi lantaran memang kondisinya cukup panas, istirahat berkepanjangan pun berdampak istirahat' total sekaligus sebagai tanda berakhirnya kerja bakti masal dari ratusan relawan meski tumpukan sampah di bawah jembatan masih menggunung. " Dikerjakan bertahap!" ujar salah seorang yang menggunakan baju seragam bertuliskan SAR. # Yani

Thanks for reading Sungai Peninggalan Jaka Tingkir Dibersihkan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS