Gusti Puger Pernah Melihat Ratu Kidul Turut Tarikan Bedaya Ketawang

Februari 15, 2024
Kamis, 15 Februari 2024


     Gusti Pangeran Haryo ( GPH) Puger

GUGAT news.com SOLO

Disela-sela Wedangan di Angkringan Gus Plengeh yang ada di Kampung Batik Laweyan dan di depan rekan rekan wedangan, Gusti Puger panggilan akrab GPH Puger, Kamis (15/2) siang, menceritakan jika dirinya pernah melihat kedatangan gaibnya Ratu Kidul dalam tarian Bedhaya Ketawang.

Saat itu, lanjut Gusti Puger, beliau masih menjadi Pelaksana Tugas Harian (PLTH) Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, dan saat itu pula berlangsung ritual sakral Tingalandalem Jumenengan. Hanya saja, beliau tidak duduk di dampak kencana, kursi khusus untuk Sinuhun PB XIII.

"Saat itu saya bukannya duduk di singgasana Dampar Kencana melainkan duduk di lantai Ndalem Sasana Sewaka untuk melihat langsung Tarian Sakral Bedhaya Ketawang yang ditarikan oleh ke 9 penari cantik. Tak berapa lama, saya menatap langsung dengan kedua mata akan kehadiran Ratu Kidul yang langsung terlibat dalam tarian sakral Bedhaya Ketawang," jelas GPH Puger.

Menariknya lagi, pada waktu itu meskipun beliau Gusti Puger tengah duduk di lantai Ndalem Sasana Sewaka dengan bersila, betapa kagetnya kedua tangannya saat menyentuh lantai, kedua tangannya basah layaknya masuk kedalam kubangan air. Bukan hanya itu saja, ageman busana yang dipakainya sama sekali tidak basah, meskipun keduanya tangan serasa basah sepertinya di tengah lautan.

"Padahal, itu jelas yang saya duduki lantai ubin Ndalem Sasana Sewaka namun serasa tubuh ini berada persis di tengah lautan. Tak selang berapa lama, suasana mendadak seperti semula, duduk bersila di atas lantai. Bersamaan pamitnya Gusti Ratu kidul dari dari sakral nya Tarian Bedhaya Ketawang," jelas Gusti Puger.

Sehingga, lanjut Gusti Puger, masalah adanya cerita mungkin mitos dengan kehadiran Ratu Kidul Pantai Selatan di tengah tengah Tarian Sakral Bedhaya Ketawang itu benar-benar ada. Gusti Puger malahan mengalaminya sendiri dan langsung. "Pastinya kehadiran Ratu Kidul Pantai Selatan di tengah Tarian Sakral Bedhaya Ketawang itu tidak sembarang orang mampu melihatnya, kecuali bagi yang memiliki spiritual tingkat tinggi!" tutup GPH Puger serius dan mempersilakan boleh percaya boleh tidak. #Yani

Thanks for reading Gusti Puger Pernah Melihat Ratu Kidul Turut Tarikan Bedaya Ketawang | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS