Gusti Puger Buka Puasa Di Angkringan

Maret 17, 2024
Minggu, 17 Maret 2024


 Gusti Puger menikmati nasi goreng berbuka puasa. Foto : Yan

GUGAT news.com SUKOHARJO.

Bisa jadi, salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono (PB) XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini cukup istimewa dan lain dari puluhan saudaranya. Bagaimana tidak, sekalipun disegani dan dihormati di berbagai tempat lantaran merupakan salah seorang putra raja, namun beliau tetap saja andhap asor, ramah, santun dan juga menghormati sesama.

Ya, beliau adalah Gusti Pangeran Haryo (GPH) Puger yang akrab disapa Gusti Puger ini penampilannya sederhana, bersahaja, menariknya lagi sangat familiar, merakyat dengan siapapun. Seperti malam itu, Sabtu (16/3) beliau tampak santai menikmati hidangan berbuka puasa di warung angkringan atau wedangan Subur yang ada di Kampung Banaran, Grogol, Sukoharjo.

" Nggih Gusti, oh ya Gusti. Kok kelihatan santai di angkringan. Sedang berbuka puasa nggih Gusti?" sapa GUGAT news yang kebetulan juga tengah berbuka di Wedangan Subur. "Nggih, buka yang kedua," jawab Gusti Puger.

Tak berapa lama, begitu selesai makan nasi mawut, nasi sayuran yang dimasak dengan mie, langsung ngobrol dengan GUGAT news masalah seputar puasa di keraton semasa kecil beliau. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mereka anak anak anak pada saat itu.

" Masalah angkringan atau wedangan, sebenarnya dari sejak kecil saya sudah biasa. Karena di dekat keraton dan masih berada di dalam tembok Benteng Baluwarti juga ada wedangan. Keluarga besar kami, kakak dan adik juga sering wedangan di dekat keraton," terang Gusti Puger.

Sehingga sampai kini, lanjut Gusti Puger, dirinya merasa tidak canggung apalagi wuh pekewuh dan malu, sama sekali tidak. Malahan selain murah, di angkringan justru cukup nyaman, rileks dan santai. Varian menu juga cukup beragam dan enak enak bahkan ada menu tradisional juga.

"Pastinya, saya justru lebih bisa menikmati dengan segala suasana yang sangat merakyat, nyaman dan serasa tiada beban. Sebagai budayawan, saya perlu banyak bertemu dengan masyarakat luas. Tak perlu membedakan antara sesama mahluk Allah SWT, semua sama di hadapan Ilahi, hanya ketaqwaan saja yang Allah SWT bedakan!" pungkas Gusti Puger, seraya tersenyum. #Vin


Thanks for reading Gusti Puger Buka Puasa Di Angkringan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS