Mengenal Sejarah Alun alun Keraton Surakarta

Maret 24, 2024
Minggu, 24 Maret 2024


 Alun alun Lor Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat direvitalisasi 

GUGAT news.com SOLO

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang didirikan oleh Sinuhun Paku Buwono (PB) II pada 1743 setelah kepulangannya mengungsi dari Ponorogo lantaran adanya pemberontakan Pe CINA an di Keraton Kartasura Hadiningrat. 

Mendapati Keraton Kartasura yang ditinggal mengungsi ke Ponorogo telah rusak disana sini, diambillah keputusan untuk memindahkan keraton Kartasura Hadiningrat. Pada 1745 di Desa Solo dipindahkannya Keraton Kartasura Hadiningrat ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Saat itu pula, dibangunlah kedua Alun alun yang ada di sebelah Utara di sebut Alun alun Lor sedangkan yang ada di selatan, disebut sebagai Alun alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Kedua Alun alun ini memiliki kemiripan manfaat, setidaknya keduanya dipergunakan untuk latihan perang.

Boleh jadi, usianya yang sudah lebih dari dua abad, bisa dipastikan lagi sudah banyak mengalami kerusakan disana sini. Sehingga tidak ada salahnya kalau sekarang ini keduanya tengah direvitalisasi oleh pemerintah. Pastinya untuk dikembalikan seperti sejarahnya semula. "Dilema..!" ujar Gusti Pangeran Haryo (GPH) Puger, singkat.

Dijelaskan oleh beliau Gusti Puger, panggilan akrab GPH Puger, salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini, ratusan tahun silam, bisa jadi baik Alun alun Lor dan Kidul urug nya adalah pasir yang diambil dari laut kidul. Seiring perjalanan waktu, timbul muncullah tumbuhan rumput.  Sehingga saat ini, sepertinya ada semacam pasir laut dan rerumputan.

Sehingga untuk revitalisasi tahun ini, sebaiknya perlu kajian yang cukup matang. Apa masih relevan kah jika diurug dengan pasir laut kidul. Demikian pula masalah jenis rerumputan nya apa, ini perlu pembicaraan tersendiri untuk sinkronisasi satu dengan lainnya.

" Toh fungsi alun alun saat ini sudah berbeda dengan ratusan tahun silam. Dulu jaman kerajaan yang dipakai untuk latihan perang, mungkin perlu segi keamanan dengan menggunakan pasir laut atau rumput. Jelas kini sudah berbeda manfaatnya. Sumonggo saja, dibicarakan sekaligus diberikan solusi terbaiknya. Rumput atau pasir laut," urai Gusti Puger, bijak. #Vin.




Thanks for reading Mengenal Sejarah Alun alun Keraton Surakarta | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS