Wisata Religi Ke Makam Patih Sosronagoro

Mei 12, 2024
Minggu, 12 Mei 2024


 Makam Manang Patih Sosronagoro PB IX Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Yani

GUGAT news.con SUKOHARJO

Untuk makamnya Patih Sosronagoro PB IX Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini, ada di Desa Manang, Grogol, Sukoharjo. Sedangkan keberadaan Ari Ari atau plasenta, disemayamkan di Solo. Tepatnya berada di sebelah timur dari salah satu hotel berbintang lima yang ada di Kampung Mangkubumen, Banjarsari, Solo. 

Baik makamnya yang ada di Manang, Grogol, Sukoharjo serta plasenta nya yang ada di Mangkubumen, Banjarsari, Solo, tidak pernah sepi peziarah. Baik itu dari kalangan keluarga, kerabat Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau bahkan mereka yang biasa ngalap berkah yang berdatangan dari berbagai daerah.

Menariknya, manakala hendak berziarah ke persemayaman plasentanya justru tidak mudah. Pasalnya harus bertemu dengan juru kunci yang setiap harinya tidak berada di lokasi melainkan kudu menelpon pada nomor HP yang tertera di sebelah pintu masuk.

Lain halnya manakala hendak berziarah di makam pesarean ageng Manang ini, cukup mudah. Selain mudah dan cepat untuk bertemu dengan juru kuncinya yang ramah, juga fasilitas bagi peziarah cukup memadai. Suasananya sejuk, nyaman, tidak jauh dari penjualan makanan dan minuman, berdampingan dengan masjid peninggalan Patih Sosronagoro Sinuhun PB IX Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

"Sarana transportasi mudah dijangkau, namun kalau pengunjung hendak bermalam juga dipersilakan. Bisa di serambi masjid atau di teras Pendopo Makam Manang yang cukup luas itu. Tidak dipungut biaya, namun kalau bermaksud membantu dana untuk kebersihan makam, sumonggo silakan saja," pungkas Tumenggung Gendut, tersenyum. #Yani.


Thanks for reading Wisata Religi Ke Makam Patih Sosronagoro | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS