Kajian Islam Ustadz Ipmawan M Iqbal : BAROKAH

Mei 20, 2020
Rabu, 20 Mei 2020


Kuliah Dhuha

 BAROKAH

“Barokah” atau “berkah” itu berasal dari bahasa arab albarokah (البركة), jamaknya barokaat. Pada kitab _Lisanu al-‘Arab_ , barokah diartikan _anNama' wa azZiyadah,_ berkembang dan bertambah baik atau _asSa’adah_, kebahagiaan hidup  

Kita temukan kata barokah dlm berbagai derivasinya dlm alQur'an 34 kali berulang. Seperti malam yg diberkahi, Baitullah sebagai rumah yg diberkahi dan tempat2 yg penuh keberkahan. ArRaghib alAsfihani mendefinisikan albarokah sebagai “_tsubut alkhair al-Ilahi fi syai’_ (tetapnya kebaikan Tuhan di dalam sesuatu)".

Mencari barokah adlh mencari kebaikan atau tambahan kebaikan, baik kebaikan berupa bertambahnya harta, rezeki, maupun berupa kesehatan, ilmu, dan amal kebaikan (pahala). Mencari keberkahan hidup yg biasa dikenal dengan istilah "ngalap berkah" (jawa), _thalabu albarokah/ tabarruk._ 

Nabi SAW pernah mengatakan pada Hakim bin Hizam,

يَا حَكِيمُ إِنَّ هَذَا الْمَالَ خَضِرَةٌ حُلْوَةٌ ، فَمَنْ أَخَذَهُ بِسَخَاوَةِ نَفْسٍ بُورِكَ لَهُ فِيهِ ، وَمَنْ أَخَذَهُ بِإِشْرَافِ نَفْسٍ لَمْ يُبَارَكْ لَهُ فِيهِ كَالَّذِى يَأْكُلُ وَلاَ يَشْبَعُ ، الْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى

“Wahai Hakim, sesungguhnya harta itu hijau lagi manis. Barangsiapa yg mencarinya utk kedermawanan dirinya (tidak tamak dan tak mengemis), maka harta itu akan memberkahinya. Namun barangsiapa yg mencarinya utk keserakahan, harta itu tak akan memberkahinya, seperti orang yg makan namun tak kenyang. Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah." 
(HR Bukhari)

Kejujuran akan mendatangkan keberkahan. Kecurangan merupakan bukti keserakahan yg akan melenyapkan keberkahan.  
 
Keberkahan bersumber dari rezki yg halal (benar dan baik) diperoleh dg kejujuran. Harta yg banyak dan tingginya kedudukan tidak menjadi ukuran barokah. Keberkahan harta-kedudukan melahirkan keluarga yg berkualitas, tenang, rukun dan saling menyayangi. Anak dan istri atau suami taat beribadah, tak putus mendoakan orang tuanya dan berakhlak karimah. Bahagia berbagi nikmat kepada sesama yg membutuhkan. 

Bekerja dgn dibingkai akhlak terpuji, insya Allah hidup kita pun akan diberkahi. Sikap qonaah dan takwa adlh pondasi  barokah. 
"Sungguh, Allah menguji hamba dgn pemberianNYA Barangsiapa rela dengan pembagian Allah terhadapnya, maka Allah akan memberikan keberkahan baginya dan akan memperluasnya. Dan barangsiapa tidak rela, maka tidak akan mendapatkan keberkahan.” (HR. Ahmad).

Tanda negeri yg jauh dari keberkahan, bila turun hujan bukan lagi menentramkan hati, tetapi menenggelamkan segala yg dicintai. Panas terik bukan lagi menghangatkan bumi, tetapi mematikan kehidupan tanaman. Para pemimpin yg berkuasa bukan lagi mengayomi, tetapi justru membuat kesengsaraan bagi rakyatnya.

Yaa Allah, Yang Maha Berkah, mohon di bulan penuh keberkahan ini bisa kami akhiri dg amal yg mendatangkan barokah utk kami semua, khususnya utk negeri tercinta Indonesia. Aamiin

Allahu a'lamu bishowab.

*Solo,* 20 Mei 2020/
27 Ramadhan 1441

*_Ust H. Ipmawan M Iqbal_*

Thanks for reading Kajian Islam Ustadz Ipmawan M Iqbal : BAROKAH | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS