Kuliah Duha Bersama Ustadz Ipmawan M Iqbal

Mei 10, 2020
Minggu, 10 Mei 2020
Ustadz Ipmawan Muhammad Iqbal. Foto : Prie WS.
-----------------------------------------------GUGAT86.com. Surakarta.

Kuliah Dhuha : Suci



Agama menutun manusia lebih mendekatkan diri kpd Allah, _taqarrub ilallah_ . Jalan yg ditempuh adlh membersihkan batin, penyucian jiwa dari sifat keburukan. Allah itu Maha Suci, gabungan keindahan, kebaikan dan kebenaran. Manusia tak mampu mendekat, apalagi mengenal mencintaiNYA, bila tak sehati, senapas dalam kesucian.

Nabi Musa, sebelum mendapatkan wahyu, kitab Taurat diperintahkan utk menyucikan dirinya selama 30 malam. Ditambah lagi olehNYA 10 malam sehingga mencapai maqam  kesempurnaan dlm waktu 40 hari, baru menjadi Nabi yg disucikan penuh kemuliaan. (Lihat QS alA'raf; 142).

Tiga puluh hari perintahNYA utk kita berpuasa. Diharapkan 1 Syawwal ada deklarasi kemenangan, _minal 'aidin wal fa'izin._ Semoga kita termasuk orang2 menang dan kembali kpd kesucian hati. Hati inilah yg sebenarnya menjadi motivator dan inspirator bagi segala tindakan.

Hati yg suci akan melahirkan ketenangan batin, _ithminan alqalb._ Ketenangan hati adlh kemampuan mengatasi problematika dan urusan2 kehidupan dgn optimisme dan keyakinan kuat akan pertolonganNYA. Tenang dlm pengertian aktif, bukan lari dari masalah.

Perbuatan dosa dan kemaksiatan akan mengotori hati, menumpulkannya dan menolak cahaya kebenaran. Hati yg kotor akan dipenuhi prasangka buruk, dengki, benci, umpatan dan kemarahan, menolak kebaikan dan kebenaran.

Sungguh beruntung orang yg menyucikan jiwa (hati) itu, dan sungguh merugilah orang yg mengotorinya. (Terj. QS. As Syams : 9-10).

Ditanamkan atas jiwa kebaikan dan keburukan di hati manusia yg saling tarik-menarik. Jika manusia memperturutkan keburukannya maka dosa itu akan menutup hati mereka dan resiko puncaknya dia tidak akan bisa menemui Tuhannya di akhirat nanti dgn kebaikan. (Lihat QS. alMuthoffifin: 14-15).

Memperoleh kesucian hati bukanlah pekerjaan yg mudah. Hati manusia bagaikan gelombang. Selalu berubah2 sesuai kekuatan taqwa. Memperbanyak amal mulia, terus bersedekah, istiqomah dlm ibadah, banyak berdzikir kpdNYA akan menjadikan hati lebih suci. Bila hati sdh suci, semua yg kita lihat akan positif, penuh hikmah. Insya Allah.

Allahu a'lamu bishowab.

Solo 9 Mei 2020

Thanks for reading Kuliah Duha Bersama Ustadz Ipmawan M Iqbal | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS