Kajian Islam Ustadz H Ipmawan M Iqbal :. Shodaqoh

Juni 18, 2020
Kamis, 18 Juni 2020


Kajian Islam

SHODAQOH

Akibat pandemi covid-19 lonjakan angka kemiskinan diperkirakan akan lebih besar dibandingkan dengan jumlah bantuan sosial yg disiapkan negera melalui pemerintah. Dibutuhkan kerjasama antar anak bangsa utk bisa menyelamatkan mereka yg menderita. Bagi mereka yg beragama kesadaran bershodaqoh perlu dikukuhkan.

Shodaqoh berasal dari bahasa arab, asal kata _shidqun_ (صدق), berarti benar. Dan menurut alQadhi Abu Bakar bin Arabi, benar di sini adalah benar dalam hubungan dengan sejalannya perbuatan dan ucapan serta keyakinan. 

وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ

 “Dan shadaqah itu merupakan burhan (bukti).” (HR. Muslim)

Shodaqoh disebut ‘burhan’ karena shodaqoh merupakan bukti kejujuran iman seseorang. Artinya, sedekah dan pemurah identik dengan sifat kemuliaan orang beriman, sebaliknya, kikir dan bakhil terhadap apa yg dimiliki identik dengan sifat kemunafikan.

Pada surat alMunafiqun (orang2 munafik), setelah diceritakan sifat kemunafikan, disambung dgn perintah agar orang yg beriman memperbanyak shodaqoh;

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ

"Infakkanlah sebagian dari apa yg AKU berikan kepada kalian, sebelum kematian mendatangi kalian, kemudian dia menghiba: “Wahai Tuhan, andai Engkau menunda waktu ajalku sedikit saja, agar aku bisa bershodaqoh dan menjadi orang sholeh.” (QS. alMunafiqun: 10)

Pada dinasti Ummayah, khalifah Umar Bin Abdul Aziz pernah menggunakan kekuatan instrumen shodaqoh utk mensejahterakan rakyatnya. Hadir masyarakat yg hanya ingin membantu dan tak ingin menerima sumbangan. Dampak yg terjadi semua rakyat menjadi sejahtera, dan bahkan semua berlomba2 untuk memberikan shodaqoh terbaik.

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

“Sungguh, orang2 yg beriman, mengerjakan kebajikan, melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa khawatir pada mereka dan mereka tidak bersedih hati”. (QS alBaqarah :277)

Jelas jaminan utk ahli shodaqoh dengan dihilangkan rasa khawatir dan rasa sedih dari diri mereka. Bila kita analogikan kemiskinan dekat dengan perasaan khawatir dan sedih, maka kesejahteraan adalah kondisi dimana kekhawatiran dan kesedihan itu telah hilang dari diri kita.

Pengelolaan shodaqoh yg baik dan terorganisir akan mampu menyelesaikan berbagai macam persoalan sosial seperti pengangguran, kemiskinan, dan semisalnya. Orang miskin manapun bisa terbantu, tanpa memandang ras, warna kulit, etnis, dan atribut2 dunia lainnya.

Bila sholat itu tiang agama, maka shodaqoh adalah mercusuarnya. Ahli shodaqoh menjadi  pembeda antara ketaqwaan dan kedurhakaan. Insya Allah, kekuatan shodaqoh bisa meningkatkan kesejahteraan hidup bangsa kita.

Allahu a'lamu bishowab.

18 Juni 2020/
26 Syawal 1441

*Progam Pendidikan AlQur'an Usia Dini (PPAUD) dan Kuttab Minal Mukhlashin* 
*Qur'anic Home Education*
*Ma'had Tahfidz Insan Qur'ani*
H. Ipmawan M Iqbal.

----081325995968----+

Thanks for reading Kajian Islam Ustadz H Ipmawan M Iqbal :. Shodaqoh | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS