Kajian Islam Ustadz H Ipmawan M Iqbal : COBAAN

Juni 22, 2020
Senin, 22 Juni 2020


Seika Zanithaqisya Prasetya binti Didi "Kempot" Prasetya (3), belum faham benar jika bapaknya telah tiada.
-------------------------------------------------
Kajian Islam Ustadz H Ipmawan M Iqbal.

 COBAAN

Dunia ini merupakan panggung cobaan. Tampil tak kunjung usai. Kehilangan orang tercinta, ditimpa penyakit, hartanya diambil orang, atau celaan para pendengki, semua itu sangatlah melukai hati dan mengguncangkan jiwa.

Cobaan datang bisa menjadikan hidup menderita seolah dunia adlh negeri kesusahan karena tak pernah bisa benar2 istirahat kecuali sampai peristirahatan akhir, kematian dan surga di akherat.

Saat cobaan semakin sempit, sulit dan semakin berat, banyak diantara kita menjadi putus asa karenanya. Inilah keadaan hamba yg tak bisa memaknai dengan baik cobaan kehidupan.

Konfirmasi Tuhan tentang cobaan bagi kita umat manusia sebenarnya sdh sangat jelas;

"Dan pasti kami memberikan cobaan atas kalian dg sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah2an; dan sampaikan kabar gembira bagi mereka yg bersabar" (terj. QS AlBaqoroh; 155).

Menyikapi cobaan hidup, tak ada jalan lain selain bersabar. Sabar itu ketabahan, kekuatan mengendalikan diri yakni ketenangan jiwa di saat menanggung penderitaan karena mendapati suatu yg tak diinginkan dan kehilangan suatu yg amat dicintai. Sabar adlh pekerjaan jiwa paling berat.

Percayalah, bahwa cobaan yg menimpa tak akan terus menerus. Cobaan bagian dari pembelajaranNYA dan pembangunan karakter diri yg dibutuhkan utk merengkuh kebahagiaan dan kemenangan.

إِنَّ اللَّهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ فَمَنْ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السَّخَطُ

“Sesungguhnya jika Allah mencintai suatu kaum maka Dia akan memberi cobaan kpd mereka. Barang siapa yg ridho (atas cobaan tersebut) maka baginya ridhoNYA dan barang siapa yg marah (atas cobaan tersebut) maka baginya murkaNYA.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Cobaan itu ternyata pesan cinta, supaya kita berserah diri secara total kepada Allah serta terus memohon kepadaNYA jalan keluar. Berbagai cobaan hidup datang dari Allah untuk mengukur seberapa besar keimanan dan kesabaran kita. 

Semua cobaan akan menjadi ringan bila tahu pahala yg terselip di baliknya. Keuntungan besar atas kita yg mau bersabar dan ridha atas apa yg ditetapkanNYA.

Kekuatan jiwa dan kepahaman ilmu yg dimiliki Umar ibnu Khattab menjadikan  tiap hadir cobaan dunia, bertambah syukur kepadaNYA, dengan alasan;
1. Cobaan itu tidak berkaitan dg agama.
2. Cobaan urusan dunia tdk lebih berat dibandingkan cobaan urusan agama.
3. Sikap ridho atas cobaan dunia akan mendatangkan keridhoanNYA.
4. Tiap cobaan akan terselip pahala didalamnya.

Allahu a'lamu bishowab.

21 Juni 2020/
29 Syawal 1441

*Progam Pendidikan AlQur'an Usia Dini (PPAUD) dan Kuttab Minal Mukhlashin* 
*Qur'anic Home Education*
*Ma'had Tahfidz Insan Qur'ani*

-----081325995968-------


Thanks for reading Kajian Islam Ustadz H Ipmawan M Iqbal : COBAAN | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS