Kajian Islam Ustadz H Ipmawan M Iqbal : BENCANA

Juni 23, 2020
Selasa, 23 Juni 2020


Erupsi Gunung Merapi yang terjadi belum lama. Foto : RU5.
-------------------------------------------------

Kajian Islam :
Ustadz H Ipmawan M Iqbal

 BENCANA

Hari Ahad kemaren, gunung merapi yg terletak di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia mengalami dua kali erupsi. Akibat letusan itu di daerah sekitarnya terjadi hujan abu vulkanik.

Tidak ada sesuatu yg terjadi karena kebetulan, tetapi semua mengikuti hukum Tuhan. Demikian pula setiap bencana alam yg terjadi, baik itu gunung meletus, gempa, banjir, dan lainnya, semua terjadi dgn ketetapanNYA, dan punya maksud serta tujuan tertentu, bukan sekedar kejadian alam semata2 dan sia2 tanpa makna.

Gunung2 yg menjadi pasak bumi agar tempat berpijak kita kokoh, bisa sewaktu2 meletus, berguncang hebat bahkan sejarah sering mencatat mampu membunuh umat manusia dan tak menyisakan kehidupan sekitarnya. 

Bencana seringkali datang tak terduga. Bumi yg kita pijak, dan tinggali ini tak ada kepastian esok masih ada. Rumah, dan harta kekayaan yg kita usahakan dg susah payah sepanjang usia kita, mungkin bisa tak terduga2 lenyap ditelan bumi, disapu angin ataupun banjir.

أَفَأَمِنُوا۟ مَكْرَ ٱللَّهِ ۚ فَلَا يَأْمَنُ مَكْرَ ٱللَّهِ إِلَّا ٱلْقَوْمُ ٱلْخَٰسِرُونَ 

Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah (yg tidak terduga2)? Tiada yg merasa aman dari azab Allah kecuali orang-orang yang merugi (QS alA'raf; 99).

Inilah peringatan Tuhan yg sangat kuat bahwa seorang hamba tidak sepatutnya merasa aman terhadap keimanan yang dimilikinya, justru hendaknya dia merasa takut dan khawatir jika ditimpa cobaan atau ujian yg dapat melenyapkan keimanan dan menghancurkan agamanya.

Khawatir dan rasa takut hilangnya keimanan saat ditimpa cobaan, bencana yg bisa sewaktu2 tiba, oleh Nabi kita dituntunkan bacaan wirid, dzikir yg diulang2 dlm bentuk doa;

 يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ ثَبّتْ قَلْبِي عَلَى دِيْنِكَ

 “Wahai Dzat Yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agamaMU.” 

Allahu a'lamu bishowab.

22 Juni 2020/
1    Dzulqa'dah 1441

*Progam Pendidikan AlQur'an Usia Dini (PPAUD) dan Kuttab Minal Mukhlashin* 
*Qur'anic Home Education*
*Ma'had Tahfidz Insan Qur'ani*

----081325995968-----

Thanks for reading Kajian Islam Ustadz H Ipmawan M Iqbal : BENCANA | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS