Benarkah Negeri Ini Sudah Merdeka...?

Agustus 17, 2020
Senin, 17 Agustus 2020

 

 

BRM Kusumo Putro SH MH, tokoh pemuda yang juga Pengacara yang tergabung di Perhimpunan Advokad Indonesia (Peradi) Solo. Foto : Dokumen Pribadi.

---------------------------------------------------------------

GUGAT86.com. SUKOHARJO. Ditemui di rumahnya, Perumahan elite Kuantan, Gonilan, Kartasura, Sukoharjo, BRM Kusumo Putro SH MH, mengungkapkan jika memang benar, sudah 75 tahun ini, negeri tercinta Indonesia sudah merdeka. Artinya, merdeka dari penjajahan kaum kolonialis Belanda. Merdeka dari adanya peperangan yang banyak menjadikan pertumpahan darah. Gugur di medan laga. Baik dari rakyat maupun kaum penjajah. "Yang menjadi pertanyaan, benarkah rakyat di tanah air sudah merdeka sepenuhnya?" tanya BRM Kusumo Putro SH MH. Senin (17/8/2020)

Boleh jadi, masih menurut penuturan Kusumo, panggilan karib BRM Kusumo Putro SH MH, merdeka dari peperangan memang iya, benar. Hanya saja, bagaimana dengan kemerdekaan yang lainnya? Diantaranya, terbebas dari kebodohan dan kemiskinan? Apalagi adanya pemerataan di bidang ekonomi, bisa dipastikan lagi akan halnya seperti jauh sate dari panggangnya. "Sebagai penggiat sosial, tidak jarang hati ini miris dibuatnya. Bantuan pemerintah dari berbagai puluhan jenisnya dan diharapkan bisa turut menerima kepada yang mereka berhak menerima, ternyata sama sekali tidak terdaftar. Malahan yang kaya justru menerima berbagai jenis bantuan pemerintah, sedang yang kudu berhak menerima malahan tidak," tandas Kusumo, prihatin.

Padahal, ditegaskan Kusumo, memiliki negars dengsan luas wilayah terbesar ke 4  dunia serta dengan sumber air terbanyak di dunia pula. Namun, hampir setengah tanah di negeri ini bukan merupakan milik rakyat. Bukan hanya itu saja, malahan kini harga air jauh lebih besar dan mahal dari harga bensin. Hasil tambang, pertanian, perkebunan dan hasil hutan hampir 70 persen dikelola bangsa lain. Sehingga rakyat hanya sebagai buruh kuli di negeri sendiri. # N1NG / Yan 1.

                      -----081325995968-----


Thanks for reading Benarkah Negeri Ini Sudah Merdeka...? | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS