Pon PES Khoirotun Iksan Siap Cetak Generasi Berkarakter

September 21, 2020
Senin, 21 September 2020

 

Mereka para santri khusyuk membaca Kalam Ilahi pada setiap harinya di Pondok Pesantren Khoirotun Ikhsan. Foto : Nur Taufik.

---------------------------------------------------------------

GUGAT86.com. SUKOHARJO. Minggu, 20 September 2020 sekitar jam 09.00 pagi  tidak seperti biasanya  para santriwati yang kebanyakan dari luar kota  dan berjumlah 11 anak ini sedang menghafal ayat ayat Al-Quran, tetapi hari Minggu itu mereka memegang pensil gambar untuk belajar membuat sketsa dari seorang guru menggambar . “ Belajar menggambar sketsa juga menjadi bekal untuk para santri karena ini bagian dari ketrampilan dan bakat yang harus diberikan untuk para santriwati,"tutur Ustad Jumadi.

Ustad Jumadi adalah pembina sekaligus pengelola pondok Khoirotun Ihsan yang berlokasi di Sanggrahan RT 01  RW 21 Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, menambahkan bahwa Pondok Pesantren ini disamping mencetak generasi penghafal Al-Quran juga program pembelajarannya berbasis bakat dan entrepreuneurship. Yang menjadi bagian terpenting dasar pondok ini adalah Pembinaan karakter untuk para santri maupun santriwati.


Melihat Bangunan pondok KHOIROTUN IHSAN tidak semewah dengan umumnya, sangat sederhana layaknya seperti rumah biasa, karena memang Ustad jumadi berharap para santri maupun santriwati pondok ini bisa bersinergi dengan lingkungan. Jadi tidak ada sekat antara santri dan masyarakat. Setiap bulan ada program peduli lingkungan sehingga para santri maupun santriwati harus ikut bersih bersih kampung, termasuk baru saja dilakukan di awal september santri disini bersih bersih sekitar Pos Ronda yang tidak jauh dari Pondoknya. 

Selain itu Pondok Khoirotun Ihsan juga ada Program berbagi kepada Lingkungan . Realisasinya di saat Pandemi Covid 19 Pondok ini sudah  berbagi sembako kepada warga  kurang mampu dilingkungan pondok bahkan sudah ketiga kalinya . Pendidikan karakter menjadi bagian utama di Khoirotun Ihsan  agar para santri di pondok ini disamping penghafal al-Quran para santri betul betul mandiri bermental pengusaha. 

Setelah anak anak dilatih ketrampilan seperti membuat tas , membuat coklat berkarakter, membuat aneka roti dan membuat susu kedelai maka hasilnya dari karya mereka maka anak-anak santri harus bisa menjualnya. Kadang harus menjual dengan cara mendatangi warga dari pintu ke pintu atau harus keluar pondok dengan sistim lapak. 

Untuk biaya agar bisa nyantri di Pondok Khoirotun Ihsan, tidak ada patokan biaya seperti umumnya pondok pesantren. Tetapi semampunya para orangtua yang bisa diberikan untuk Pondok. Meskipun dana terbatas dan sedikit, tetapi Pondok Khoirotun Ihsan juga memberikan kuota untuk anak Yatim dan anak kurang mampu. Sehingga Pondok juga sangat berharap donatur Umat Muslim  dimana saja .

Di pondok ini ada tes bakat khusus dari team Psikologi, sehingga  para orangtua tidak perlu kwatir dengan anak-anak para santri yang beraneka karakter, Insya Allah semua bisa menjadi baik-baik dan ada Perubahan setelah mondok di Khoirotun Ihsan ini.Pondok Pesantren Khoirotun Iksan Mencetak Generasi Bangsa Yang Berkarakter. #Nur Taufik / Yan G1.

                 ---------081325995968--------

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::


MakanKu Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi yang tepat di saat Pandemi Covid-19. Bisa dibeli di Jalan Slamet Riyadi No 300 ( Utara Taman Sriwedari) Solo. 
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::




Thanks for reading Pon PES Khoirotun Iksan Siap Cetak Generasi Berkarakter | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS