Khataman Tadarusan Online Di Masjid Al Hikmah Makamhaji

November 17, 2020
Selasa, 17 November 2020

 


Suasana khusyuknya khataman tadarus Al-Qur'an Online melalui WhatsApp di Al Hikmah, Kranggan, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo. Foto ; Taufik.
---------------------------------------------------------------
GUGAT86.com. SUKOHARJO. Malam itu, Senin (16/11/2020) sekitar pukul 19.30 WIB, tepatnya bakda shalat isya, suasana di Masjid Al Hikmah, tampak berbeda. Lain dari hari hari jamaah biasanya. Pasalnya, memang saat itu ada kegiatan khataman tadarusan Al Qur'an secara online. Boleh jadi, wajar dan sah sah saja manakala masjid yang tampak bersih dan asri itu meriah. Tak pelak, tidak sedikit tetangga desa yang berkenan hadir.

Saat itu, kepada GUGAT86.com, pengurus masjid, Alif Hartoyo mengungkapkan bilamana ada kegiatan Khataman Al-Quran Grop Tadarus 
Takmir Masjid Mushola se Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo. " Kegiatan ini dimaksudkan sebagai wujud untuk menggairahkan kecintaan dalam
membaca Al-Quran," tutur Alif.

Peserta tadarusan online selesaikan bacaannya sebagai penutup khataman. Foto : Taufik.
------------------------------------------------------------
Sebagai konsekuensinya berkegiatan disaat Pandemi Covid-19, panitia tidak segan segan nya untuk senantiasa mengingatkan agar selalu dipatuhi himbauan pemerintah akan Protokoler Kesehatan Covid-19. Masuk masjid atau hanya di sekitar area, wajib cuci tangan dengan sabun atau handsanitizer yang telah disediakan panitia, bermasker dan jaga jarak, sosial'distancing dan physical distancing.

Ditambahkan Alif, jika adanya kegiatan  tadarusan ini berbeda dengan lainnya, bahkan dari sebelum adanya wabah virus Corono atau di saat Pandemi Covid-19 kegiatan darusan ini sudah dilakukan dirumah saja. Karenanya disebut Tadarusan Online lewat seluler handphone, melalui Watshap dan sudah berjalan kurang lebih 5 tahun. " Ini semua dari gagasan cemerlangnya Ustadz Maksum," terang Alif.

Patuhilah apa yang menjadikan himbauan pemerintah akan Protokoler Kesehatan Covid-19. Persembahan Makanku. www.makanku.co.id 0811 6053 553.
---------------------------------------------------------------
Untuk sistemnya, masih menurut penuturan pengurus Al Hikmah itu, jika setiap anggota grop tadarus harus melaporkan bacaan yang telah ditetapkan adminnya melalui watshap. Sedangkan yang tengah berhalangan, maka bacaannya akan diganti oleh 
adminnya Ustad Maksum. Khataman akan dilakukan setiap 30 kali putaran
atau istilahnya 1 gelombang. Jadi secara otomatis setiap anggota akan khatam 
1 kali per 30 kali bagi grop.

Perlunya diadakannya khataman ini, kembali Alif menegaskan, menurut pemrakarsanya Ustadz Maksum, 
tujuannya untuk silllaturahmi antar grop peserta Tadarus online sekaligus 
menjaga ukhuwah Islamiyah sehingga bagi peserta menjadi bertambahnya
saudara Muslim sekaligus menambah wawasan ilmu agama dan informasi sosial yang berkesinambungan. 
Hanya saja, diutamakan kegiatan Khataman ini menjadi kegiatan Ibadah kepada Allah, SWT.

MakanKu Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi di saat Pandemi Covid-19. Instagram @makankureadymeal. YouTube Makanku ReadyMeal.
---------------------------------------------------------------
Dalam kesempatan itu, Ustadz Maksum menambahkan jika kegiatan Tadarus online memang diperlukan Istiqomah, termasuk perlu waktu khusus. Sehingga mestinya harus didasari niat ikhlas. 
Mungkin ini masih berat untuk dilakukan jamaah yang belum bisa bergabung, semoga saja kegiatan ini bisa menginspirasi untuk jamaah khususnya 
umat Islam. " Kapanpun dan dimanapun berada diharapkan tetap selalu Istiqomah bergairah untuk membaca al-Quran." harap Ustadz Maksum bersemangat.# Taufik/ Yani G1.
               -------081325995968-------

Thanks for reading Khataman Tadarusan Online Di Masjid Al Hikmah Makamhaji | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS