Jalan Rusak Berlobang Warga Mulai Meradang

Februari 13, 2021
Sabtu, 13 Februari 2021


 Jalan Joko Tingkir Makamhaji kini rusak dan berlobang, warga pun mulai resah. Foto : Taufik.


GUGAT news.com. SUKOHARJO. Salah satu warga Makamhaji yang berada di jalan Joko Tingkir, H. Agus pemilik kuliner sate kambing, bisa dipastikan lagi bukan hanya setiap hari melainkan setiap jam harus meluangkan waktu untuk mengisi beberapa lubang jalanan
yang rusak parah dengan sampah, tak jarang dengan dedaunan, bongkahan batu atau harus diberi kayu dengan posisi berdiri. " Sebagai tanda saja bagi pengendara agar berhati-hati karena ada lubang menganga," jelasnya.


Bukan hanya berlobang saja melainkan laiknya kubangan kerbau jika hujan turun. FOTO : Taufik.

Masih menurut penuturan Agus, kayu yang diberdirikan itu juga dimaksudkan untuk peringatan bagi siapapun yang melintas agar berhati-hati ada kubangan besar dan memanjang. Sehingga dari jauh bisa mulai menghindar agar tidak terperosok. Pasalnya, sudah beberapa kali korban berjatuhan. "Meski belum ada yang fatal saat jatuhnya, tidak ada salahnya kita peringatkan dengan tanda kayu itu," tutur Agus yang turut diiyakan warga.

Memang diakui warga sekitar yang sering nongkrong malam hari, salah satunya Marsono Gareng mengungkapkan, jika jalan Joko Tingkir setiap jam 24.00 WIB ke atas bahkan sampai pagi itu seperti Pantura karena mobil muatan berat banyak yang lewat seperti truk truk besar, juga bus, bahkan kontaner juga bis - bis rute Wonogiri-Jakarta juga melintas. Masalahnya memang jalan joko Tingkir ini merupakan jalan alternatif ke berbagai jurusan seperti Jogja, Klaten , Wonogiri.


H. Agus pemilik kuliner sate kambing yang ada di Jalan Joko Tingkir. Foto : Taufik.

 Mungkin sebaiknya tipe aspal klas jalan harus diganti yang lebih kuat, sepertinya jalan joko tingkir ini mudah rusak 
apalagi kalau hanya ditambal saja hanya beberapa hari sudah rusak lagi.

Menurut Purwanto,Spsi salah satu anggota dewan Sukoharjo yang tinggal di Makamhaji,  informasi beliau bahwa untuk sepanjang jalan Joko tingkir masuk wilayah Surakarta.  Sedang dari pertigaan yang arah ke Gentan milik Sukoharjo. Menurutnya ada tipe jalan
sesuai administratif seperti Jalan Kota, Jalan desa atau jalan Provinsi. Jalan Joko Tingkir ini lebih masuk Jalan provinsi.

Salah satu warga Makamhaji, Panuntun akhirnya mecoba mengadu ke salah satu web layanan aduan Surakarta Ulas. Surakarta.go.id dan mungkin mencoba ke web yang lain seperti lapor gub.jatengprov.go.id dan jatengprov.go.id.


Menurutnya, terlepas dari berhasilnya aduan ini  Panuntun berharap warga yang lain silahkan melakukan hal yang 
sama . "Insyaallah dengan masuknya aduan dengan tema yang sama akan bisa segera ditindak lanjuti Pemerintah Kota atau Provinsi seperti lembaga terkait DPU ATAU Tata Kota." harap Panuntun optimis.#Taufik/Yani G1.





                  °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°



Thanks for reading Jalan Rusak Berlobang Warga Mulai Meradang | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS