Sinetron Ikatan Cinta Jadikan Viral Desa Gentan, Baki, Sukoharjo

Februari 27, 2021
Sabtu, 27 Februari 2021

 


 Sinetron Ikatan Cinta menjadikan viralnya Desa Gentan, Baki, Sukoharjo, Surakarta, Jawa Tengah. Foto : Taufik.

GUGAT news-SUKOHARJO.– Bersamaan mulai populernya nama aktor, bintang ganteng Arya Saloka, pemain peran utama pada sinetron Ikatan Cinta yang ada di salah satu stasiun TV swasta pada setiap jam 19.30 WIB ini, tidak menyangka membawa dampak akan nama Jalan Arya Saloka di Ngemplak Baru, Gentan RT 4 RW I Baki, Sukoharjo, Surakarta, Jawa  Tengah, menjadi viral. 

Masalah itu semua, membuat beberapa media berdatangan ke lokasi untuk meliputnya. Bahkan belakangan Ojek online, Goofood dan paket lainnya, lalu lalang menjadi mudah mencari lokasi pelanggannya dilokasi desa ini. Sayangnya ketika GUGAT  news.com yang ada di desa Gentan, Baki, Sukoharjo itu, mendadak  plakat papan nama Jalan Arya Saloka telah raib, hilang begitu saja.

Bintang Sinetron yang tampan itu, Arya Saloka. Foto : Ist.

Menurut salah satu warganya, plakat nama jalan Arya Saloka sedang dipesankan baru. Hanya saja, untuk yang menempel dirumah semua masih ada. Bukan hanya itu saja, bahkan pemberi julukan nama Arya Saloka pun berhasil ditemui. Beliau adalah Ketua RT nya. Muhtar Muhammadi yang ternyata merupakan sosok Ketua RT terlama. Hampir 30 tahun dipercaya warganya menjadi Ketua RT "abadi".

Muhtar sang Ketua RT ini, langsung mengungkapkan bilamana nama julukan Arya Saloka ini, dirinyalah yang membuat sebelum era reformasi. Artinya, dirinya bukan termasuk turut nebeng nama beken artis Arya Saloka, melainkan lebih dahulu Muhtar mencanangkan nama Jalan Arya Saloka di Desa Gentan.

Komik buku cerita yang sangat populer di tahun 1960 itu. Foto : Taufik.

Semula Muhtar menerima telegram dari Surabaya, namun selang tak berapa lama malahan yang dari Surabaya itu datang. Dahulu puluhan tahun lalu, sekitar tahun 1980 an Gentan sangat sepi, sehingga terbersitlah keinginan Muhtar untuk memberanikan diri memberikan nama Arya Saloka. Tekadnya hanya satu, supaya namanya jalan nya jelas dan mudah diingat. Pastinya mudah dicari lokasinya. " Bukan Arya Saloka saja, melainkan juga Mahesa Jenar," terang Muhtar.

Gayung bersambut, keinginan Muhtar terwujud. Kini Nama Arya Salima mulai populer bersamaan dengan Viralnya sinetron di Televisi swasta itu. Muhtar mengaku, jika nama nama itu terinspirasi dari nama tokoh yang ada di dalam komik Jawa. Mahesa Jenar dengan judulnya Nagasasra Dan Sabuk Inten karya SH Mintarja. Komik populer di tahun 1960 an.

Muhtar Muhammadi sang pemberi nama jalan Arya Saloka di Desa Gentan itu. Foto : Taufik.

Dari semenjak dulu menjadi bacaan kesukaan Muhtar,  beliaunya sangat mengenal tokoh-tokohnya.  Seperti Mahesa Jenar dan muridnya bernama Arya Saloka sebagai salah satu mantan pasukan Kesultanan Demak yang terkenal kesaktiannya dengan pukulan Nogososronya.

Terlepas dari cerita sejarah maupun jalan Arya Saloka yang ada di Gentan itu,  ternyata artis Arya Saloka juga keturunan asli orang Sukoharjo dari ibunya bernama Murtiningsih. Bahkan terpaut juga dengan sejarah kerajaan ternyata Arya Saloka masih termasuk keturunan ningrat karena ayahnya masih trah keraton Jogjakarta.

Sama sama terkait sejarah, maupun daerah, mungkin nama Arya Saloka memang membawa aura tersendiri yang saat ini menjadi artis pujaan ibu-ibu ini. Muhtar menambahkan, didepan warung kuliner miliknya diberi nama jalan Mahesa jenar. Sedang ada dua jalan ke barat itu Jalan Arya Saloka I dan Jalan Arya Saloka II. Untuk Arya Saloka I jalan yang menghubungkan  Jalan Raya Gentan dengan Desa Purbayan.

Sedangkan Jalan Arya Saloka II, jalan menghubungkan Jalan Raya Gentan dengan Desa Ngemplak . Muhtar meyakini, jika dengan pemberian nama Arya Saloka, suatu saat bintang Sinetron Ikatan Cinta yaitu Arya Saloka akan datang untuk mengunjungi Desa Gentan ini. "Semoga saja kalau nanti kedatangan Arya Saloka ke sini, bisa turut membantu isi kas kampung Ngemplak Baru, Gentan, Baki, Sukoharjo, Surakarta, Jawa Tengah.". harap Muhtar tersenyum.#Taufik/Yani.









                    °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°



Thanks for reading Sinetron Ikatan Cinta Jadikan Viral Desa Gentan, Baki, Sukoharjo | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS