GKR Timur' Rumbai : Alkid Sudah Dibuka

Agustus 21, 2021
Sabtu, 21 Agustus 2021


 GKR Timur'Rumbai, Pengelola Alun-alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Yan 1.

GUGAT news.com. SOLO.

Ditemui melalui ponselnya, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Timur Rumbai yang akrab disapa Gusti Timur ini mengungkapkan, jika Alkid, Alun alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat selama PPKM ditutup total hampir sebulan penuh. Artinya, Instruksi Kemendagri sekaligus Surat Edaran (SE) Walikota Surakarta perihal PPKM Darurat yang berlangsung dari 3-20 Juli dan diperpanjang sampai 26 Juli dan 2 Agustus, bahkan terus diperpanjang lagi Sampai 23 Agustus, dirinya mengaku merasa kasihan dengan para pedagang binaannya. 

"Hampir sebulan Alkid kita tutup total. Semua pintu masuk ke arah Alkid kita kunci. Baik dari Utara, Timur, Selatan dan Barat, tujuan utamanya, jelas memutus persebaran virus Covid-19. Sebenarnya, PPKM Darurat yang mulai 3 Juli itu, kami masih buka hingga 6 Juli. Sayangnya Prokes Covid-19 baik penjual dan pembeli sulit diatur, ya 7 Juli kami tutup total sampai 2 Agustus. Saat itu pula Alkid kembali kami buka dengan peraturan cukup ketat. Prokes Covid-19 penjual dan pembeli harus dikerjakan,"terang Gusti Rumbai.

Masih menurut penuturan Putri Ndalem PB XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini, sebagai pengelola, dirinya tidak segan segan untuk mengingatkan pedagang agar senantiasa menegur pembeli menerapkan Prokes Covid-19. Dari menyediakan tempat untuk cuci tangan dengan sabun atau hansanitizer, bermasker dan jaga jarak sekaligus menghindari kerumunan. " Meski serasa sulit mengingat kan pengunjung Alkid, pokoknya jangan bosan selalu mengingatkan Prokes Covid-19." terang Gusti Rumbai.

Ditambahkan Gusti Timur, tak jarang dirinya manakala ada waktu senggang menyempatkan untuk berkeliling Alkid guna menemui pedagang, penjaja mainan anak-anak serta pengunjung agar mengindahkan apa yang menjadikan himbauan pemerintah akan Prokes Covid-19. " Memang tidak mudah untuk mengingatkan, mengatur puluhan bahkan ratusan pengunjung Alkid yang dibuka dari jam 07.00-21.00 wib. Masalahnya, mereka berkerumun dengan alasan masih satu keluarga. Bercengkerama, sambil kulineran di lapangan dan momong putranya,"

Bisa dipastikan lagi, suasana Alkid layaknya pasar malam atau seperti Sekatenan di Alun-alun Lor, begitu 2 Agustus kemarin dibuka. Setiap harinya, dari pagi hingga jam 9 malam selalu ramai pengunjung. Tumplek blek dari mereka yang berusia Balita, remaja, dewasa hingga keluarga tampak bersuka cita. Memang ada sedikit perubahan jumlah pengunjung jika dibandingkan dengan sebelum Pandemi Covid-19. Puluhan jenis kuliner tersedia, mainan anak-anak cukup lengkap, bahkan bendi kuda poni yang ditawarkan berkeliling Alkid juga ada. "Alternatif wisata keluarga di Solo itu ya Alkid, murah, meriah, aman dan nyaman. Semoga saja Virus Covid-19 segera berlalu," ujar Gusti Timur berpromosi selaku pengelola Alkid. #Yan 1.

             °°°°✓ 081325995968 °°°°°




Thanks for reading GKR Timur' Rumbai : Alkid Sudah Dibuka | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS