Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Tunjukkan Wibawanya

November 21, 2021
Minggu, 21 November 2021


 Devile Drumband Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Yani.

GUGAT news.com. SOLO. 

Sore itu, Sabtu (20/11/2021) sekitar pukul 15.30 WIB, suasana di sekitar Bangsal Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tampak meriah, puluhan warga masyarakat Kota Solo dari berbagai kampung tumplek blek di depan Kori Brojonolo lor untuk menyaksikan sekaligus menikmati indahnya Devile Drumband Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang resmi dan sah untuk tampil di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau di sekitar wilayah Solo.

KRAT Projo Dipuro, Komandan Prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Yani

Yang belakangan ini, pada setiap hari Sabtu selalu digelar untuk menarik wisatawan baik lokal Solo, daerah, provinsi dan pastinya manca negara serta sekaligus untuk mengembalikan citra kewibawaan keraton yang akhir akhir ini terus saja merosot, lantaran terus berkepanjangan adanya konflik internal keluarga besar Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang tak kunjung selesai.

Bukan tanpa alasan, jika setiap pekannya pada hari Sabtu sore, Devile Drumband Keraton ini senantiasa kudu ditampilkan. Pasalnya, itu semua merupakan wujud bukti sebagai konsekuensinya setelah beberapa hari lalu resmi disahkan oleh Wakil Menteri Pariwisata, Angella Tanu Sudibyo di Bangsal Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga hadir Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

Sehingga dalam setiap pekannya, Devile Drumband Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat itu harus tampil di sekitar Bangsal Kamandungan. " Nantinya, kalau suasana Pandemi Covid-19 mulai stabil, Devile Drumband Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat akan kita arak keluar Kamandungan. Setidaknya, di depan halaman Balaikota," terang KGPH Adpt Dipo Kusuma, Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Dalam kesempatan itu, Komandan Prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KRAT Pujo Dipuro mengatakan, jika dirinya sudah semenjak tahun 1979 memimpin Prajurit Keraton sekaligus Komandan Devile Drumband Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Dan senantiasa selalu merasa suka cita, bahkan tiada dukanya. "Kalau tidak kita yang melestarikan budaya Jawa keraton, lha siapa lagi," jelasnya.


Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19.

Ditambahkan Kanjeng Pujo Dipuro, dirinya berharap semoga bukan hanya pihak pariwisata Kota Solo saja yang peduli, semoga saja Provinsi Jawa Tengah juga turut menyengkuying, ikut nguri nguri budaya Jawa Tengah, keraton khususnya. " Untuk sementara ini, kami hanya membawa pasukan Devile Drumband dan prajurit 7 regu. Mungkin nanti bisa 15 regu kita tampilkan saat bersamaan dengan Provinsi Jawa Tengah, atau lainnya. Total pasukan kami berjumlah 15 regu dan 140-150 anggota," jelas KRAT Projo Dipuro. #Yani.

Bisa menghubungi redaksi GUGAT news.com. 081325995968. 081329344460.

                 °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°


Thanks for reading Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Tunjukkan Wibawanya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS