Pondok Pesantren Al-Inayah Ajarkan Pentingnya Membangun Kekuatan Ekonomi dan Kesadaran Inklusivitas Masyarakat

Februari 10, 2022
Kamis, 10 Februari 2022


 GUGAT news.com

Membaca masuknya Islam di Indonesia adalah sejarah tentang toleransi, akulturasi, dan inklusivitas. 

“Para wali Nusantara sesungguhnya telah mempraktikkan nilai-nilai tersebut melalui proses sosial dan proses kultural,” ujar Eddie Karsito, di sekretariat Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, Kranggan Permai Jatisampurna, Kota Bekasi, Selasa (08/02/2022).

Sebuah harapan besar, kata Eddie Karsito, apabila kesadaran beragama tersebut dijadikan modal pijakan untuk menggalang persatuan dan kesatuan. 

“Sehingga Indonesia diharapkan dapat menjadi kiblat dan pelopor perdamaian dunia,” ujar seniman dan budayawan, lulusan Pendidikan Guru Agama (PGA) Islam ini.

Pandangan tersebut dikemukakan aktor dan wartawan senior ini, saat menyambut kunjungan Pendiri dan Pengasuh Yayasan Pondok Pesantren Al-Inayah, Jambi, Nyai Hj. Sumiyati Khilyatun Hasanah, S.Pd.I., M.Pd. 

Kehadiran Nyai Hj. Sumiyati, atau yang akrab disapa Umi Al-Inayah tersebut, dalam rangka menjajaki berbagai kemungkinan kerjasama guna meningkatkan potensial santri dan sivitas akademik pondok pesantren yang dipimpinnya. 

“Selain masalah toleransi, akulturasi, dan inklusivitas, kami juga mempercakapkan tentang pentingnya membangun kesadaran masyarakat dalam membangun kekuatan ekonomi berbasis syariah. Yaitu benar-benar syariah – dan bukan sekedar packaging and labeling,” terang Umi Al-Inayah.

Bersama suaminya, K.H. M. Rifa’i Abdullah, di Pondok Pesantren Al-Inayah, yang beralamatkan di jalan Lesmana, Desa Perintis, Kecamatan  Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi ini, Umi Al-Inayah tidak hanya menempatkan pondok sebagai pesantren Salafiyah. Melainkan juga menjadi pondok pesantren modern berbasis ilmu pengetahuan modern. 

Sebagai pesantren Salafiyah, Al-Inayah mengajarkan keilmuan berdasarkan Kitab Kuning sebagai literatur keislaman. Yaitu; Ilmu Bahasa; Nahwu dan Sharaf, Mantiq, Fiqih, Usul Fiqh, Hadits, Tafsir, Tauhid, Tasawuf, Akhlak, dan lain-lain. 

Sebagai lembaga pendidikan berbasis pengetahuan modern, Pondok Pesantren Al-Inayah, juga mengajarkan ilmu pengetahuan yang mengarah pada kerja dan aplikasi nyata.

”Islam diwahyukan sebagai ‘agama kerja’ (dinul ’amal). Hanya dengan cara (amal nyata) itulah Islam menjadi solusi bagi berbagai permasalahan manusia,” ujar Anggota DPRD Kabupaten Tebo dari Fraksi Partai Demokrat ini.  

Umi Al-Inayah, juga mengajak masyarakat bagaimana meneladani Muhammad Rasulullah SAW sebagai seorang pedagang. “Nabi berhasil menjadi pengusaha dan membangun imperium bisnisnya dengan cara yang amanah dan jujur,” ujarnya.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19

Spirit dagangnya Rasulullah tersebut, kata Umi Al-Inayah, sebagian telah diaplikasikan di pondok pesantren yang diasuhnya, dengan membentuk berbagai lembaga bisnis. 

Umi Al-Inayah, antara lain mendirikan Taman Rimbo Wisata (TRW), Perusahaan Biro Haji & Umroh, Pengembangan Bisnis Media & Studio TV Komunitas, mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK), dan lembaga usaha lain berbasis ekonomi syariah.

“Ke depan kami berharap terjadi simbosis mutualisme, antara Pemerintah Pusat dan Daerah dengan lembaga keuangan dan bisnis yang mampu menjadikan pesantren sebagai pelaku ekonomi penting di Jambi khususnya ekonomi syariah,” harapnya.


       Makanku praktis dan tidak ribet

Umi Al-Inayah berharap, pesantren tidak hanya dapat mandiri secara ekonomi, tetapi juga menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar pesantren. Apalagi, pesantren meyimpan potensi besar sebagai penggerak ekonomi masyarakat. 

“Kami berharap tumbuh pengusaha-pengusaha di pesantren. Pesantren maju, ekonomi berkembang. Jika usaha pesantren berkembang, manfaatnya tidak hanya dirasakan pesantren, tetapi juga masyarakat sekitar," harapnya./***

Masih melayani pembelian di Kota Solo






Thanks for reading Pondok Pesantren Al-Inayah Ajarkan Pentingnya Membangun Kekuatan Ekonomi dan Kesadaran Inklusivitas Masyarakat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS