Masjid Jami Jetis Makamhaji Adakan Buka Bersama Tiap Sabtu

April 10, 2022
Minggu, 10 April 2022

Gapura Romadhon yang ada di gang Anggur I  menuju masjid Jami' Jetis Makamhaji.

GUGAT news.com. SUKOHARJO.

Tidak seperti biasanya gang Anggur I RT 04 RW 10 Kampung Jetis Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo ini nampak meriah, pasalnya ketika masuk gang disambut gapura serta lampu-lampu yang dihiasi lafal bertuliskan Allah. 

Kajian sebelum buka bersama Sabtu , 9 April 2022 oleh ustad Nurkholis Asyari ,MPd dari Ponpes Darut Takzim, Kartasura ,.

Itulah semangat Jemaah Masjid Jami’ dalam usahanya menyambut bulan Romadhon tahun ini. Masjid Jami’ yang berada ditengah kampung ini tampak lebih meriah ketika hari Sabtu, 9 April 2022 sore menjelang berbuka puasa. Tampak Warga sekitar masjid bersama anak-anak berdatangan ke Masjid Jami memenuhi undangan buka bersama. 

Sebagai informasi yang didapat dari Ketua Takmir Masjid Jami’ Katino, ternyata agenda masjid Jami memang tiap Sabtu untuk Romadhon selalu mengadakan buka bersama. Menurut Katino tiap Sabtu harus mengeluarkan biaya 4- 4.5 juta untuk berbuka bersama. 

Taroweh Keliling dihadiri Kepala Desa Makamhaji dan 4 lembaga Islam di Makamhaji.

Sehingga jumlah yang disediakan 300 dus termasuk ada dorprizenya. Untuk pengelolaan komsumsi buka puasa dikerjakan warga dan jamaah yang dibagi perwilayah kebetulan ada 4 RT sehingga masing-masing RT kebagian tugas.

Namun tidak hanya buka bersama saja tiap sebelum buka bersama diisi kajian oleh ustad yang didatangkan dari luar seperti yang pada Sabtu itu diisi oleh Ustad Nurkholis Asy’ari MPd dari Ponpes Darut Takzim Kartasura. 

Semakan Al-Qur'an oleh salah satu  hafidz remaja

Menjadi kebanggan pula Jum’at 8 April 2022 masjid Jami kedatangan team Panitia Taroweh Keliling yang dilakukan 4 lembaga Islam di Makamhaji seperti LP2A IPHI, BKM,AMMI termasuk Pemerintah Desa Makamhaji yang didatangi langsung Kepala Desa Agus Purwanto, SE . 

Selain itu kegiatan untuk memotivasi remaja masjid Jami’ pada Romadhon ini diadakan acara semakan dari hafidz Al-qur’an Zauki Ahmad Al-Hadisz dan Annafis Mannaruzaki Al hafisz. Dari instagramnya yang dimiliki bernama, masjidjamijetis.

Ternyata rupanya aktifitas kegiatan masjid Jami’ ini memang menyenangkan dan patut diapresiasi sekaligus bisa memotivasi masjid lain .

Dalam ceramahnya sebelum buka bersama di Masjid Jami’ Sabtu, 9 April 2022 ini Ustad Nurkholis menyampaikan mulailah berbuat kebaikan dari sekecil apapun seperti melakukan senyum atau bermuka riang didepan orang lain karena ini termasuk sedekah dan bila dilakukan akan menjadikan Ridonya Allah S.WT terhadap semua ibadah kita. 

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19

Jadi jangan kita remehkan sekecil-kecilnya kebaikan karena sebagai mana Rosululullah katakan dari kecilpun bisa mempunyai nilai yang besar di kelak dihadapan Allah S.W.T. 

Menutup ceramahnya, Ustad Nurkholis menerangkan termasuk sedekah tanpa harta benda adalah banyak dzikir tahmid, Tahlil dan Takbir dan sayang sekali kalau kita tidakmelakukannya. 

Akhir ceramah bertepatan waktu Mahrib maka dikumandangkan adzan oleh salah satu remaja Masjid Jami’. Ditemui Gugatnews Bapak Titis salah satu pengurus masjid mengucapkan sangat bersyukur karena semua acara kegiatan berjalan lancar. #Naskah dan foto : Taufik.

           °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°






Thanks for reading Masjid Jami Jetis Makamhaji Adakan Buka Bersama Tiap Sabtu | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS