Hutan Kota Itu Bernama Sriwedari

Agustus 01, 2022
Senin, 01 Agustus 2022


Adalah patung Gatot Kaca dan Pergriwo yang dahulunya ada di depan Joglo Sriwedari kini jadi hutan belantara 

GUGAT news.com SOLO.

Kami berharap Revitalisasi segera dilaksanakan karena Detail Engineering Design (DED) sudah dibuat, untuk itu, kami Mendukung Revitalisasi kawasan Sriwedari secepatnya dilaksanakan. Salah satu Lokasi yang saat ini Menjadi Hutan Belantara adalah Bekas Joglo Sriwedari, Solo.

Demikian ditegaskan Ketua Umum Forum Budaya Mataram (FBM), Dr BRM Kusumo Putro SH MH di sela sela kegiatannya saat menengok bekas kantornya yang ada di samping timur Pendhapa Joglo Taman Sriwedari, belum lama ini.

Sepertinya apa yang diungkapkan Kanjeng Kusumo, panggilan akrab Dr BRM Kusumo Putro SH MH ini, cukup beralasan. Pasalnya, memang pada kenyataannya yang disampaikan oleh penggiat budaya asal Solo tersebut benar-benar terbukti dan nyata. Kebon Rojo Taman Sriwedari sekarang ini menjadi layaknya hutan di tengah Kota Solo.

Berdasarkan pemantauan GUGAT news, memang Kebon Rojo Taman Sriwedari yang merupakan peninggalan sejarah leluhur Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sinuhun Paku Buwono X itu, benar benar memprihatinkan kondisinya. Mangkrak, kotor,kumuh dan pastinya terkesan angker.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

Hampir semua lahan yang bangunannya telah roboh, kini ditumbuhi rumput rumput ilalang dengan ketinggian tidaklah kurang dari 1.5 meter bahkan lebih. Semisal bangunan Pendhapa Joglo yang saat itu cukup megah, begitu dirobohkan karena dampak pembangunan Masjid Taman Sriwedari kini Suasananya layaknya sebuah hutan kecil.

Tidak terkecuali Suasananya Taman Segaran Sriwedari, pulau buatan yang ada di tengahnya mirip menyerupai hutan di tengah danau. Lain halnya dengan pinggiran Segaran di sebelah selatan juga timur, tampak bersih. Boleh jadi, semuanya tidak terlepas dari mereka para pemancing dan pedagang angkringan pagi.

Sehingga sah dan wajar saja, bilamana Dr BRM Kusumo Putro SH MH selaku Pembina Forum Komunitas Sriwedari (FOKSRI), mendesak Pemerintah Kota Solo untuk lebih memprioritaskan akan adanya revitalisasi Taman Sriwedari yang sangat bersejarah itu.

Tampak megah pintu utama masuk ke Sriwedari meski di dalamnya seperti hutan kota

 "Kami berharap revitalisasi segera dilaksanakan karena Detail Engineering Design (DED) sudah dibuat. Kami mendukung sepenuhnya revitalisasi Sriwedari secepatnya untuk dilaksanakan!"tegas Pembina FOKSRI, Dr BRM Kusumo Putro SH MH. #V1K/Yan 1.

               &&&&&&&&&&&&&&&&










Thanks for reading Hutan Kota Itu Bernama Sriwedari | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS