KGPH Puger: Kebo Bule Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Mati Karena PMK

Agustus 19, 2022
Jumat, 19 Agustus 2022


 Kebo Bule milik Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat 

GUGAT news.com. SOLO

Ditemui disela-sela kegiatan budaya di sekitar Masjid Laweyan Solo, Kamis (18/8/2022) siang, salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga adik kandung Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang bertahta sekarang ini, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger, mengungkapkan bilamana kematian beberapa ekor Kebo Bule Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat beberapa hari lalu dan beruntun, tidaklah lain lantaran adanya dampak dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).


KGPH Puger Budayawan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Putra Ndalem Sinuhun PB XII.

Masih menurut penuturan Gusti Puger, panggilan akrab KGPH Puger, maraknya PMK yang banyak menyerang peternakan sapi di sekitar Soloraya, ternyata berimbas pada Kebo Bule Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga merupakan bagian binatang berkaki empat. Selain itu, bisa jadi dampak adanya konflik internal Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang hampir 18 tahun ini tak pernah kunjung usai. Artinya, disebabkan adanya kepentingan satu dengan lainnya, akhirnya keberadaan kebo turun temurun peninggalan Sinuhun PB II Keraton Kartasura Hadiningrat terabaikan.


Sehingga, lanjut Gusti Puger, semacam adanya sinyal teguran dari Gusti Kang Murbeng Dumadi Akaryo Jagad Allah SWT, tidaklah mampu terbaca oleh Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang tengah ada masalah keluarga. "Banyaknya peternakan sapi yang merugi lantaran bersamaan dengan wabah PMK dan menjadikan banyaknya sapi ternaknya mati, tidak terpikirkan oleh keraton jika Kebo Bule juga termasuk binatang yang rentan terhadap adanya PMK. Ya sudah, secara berurutan setidaknya ada 4 Kebo Bule yang mati. Apa mau dikata?"terangnya.


Kali Pepe Land Destinasi Wisata terbaru di Desa Banaran, Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali 

Ditambahkan Gusti Puger, kematian Kebo Bule milik Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat itu, dirinya tidak tahu persis kapan waktunya kejadian. Dirinya hanya sebatas mendapatkan kabar berita dari keluarga keraton. Pasalnya, dirinya sudah lama tidak melakukan aktivitas keluar masuk keraton seperti dahulunya. Biasa menerima tamu dari berbagai kalangan pengusaha, pejabat, akademisi serta mahasiswa. " Matinya 4 Kebo Bule Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat itu, saya tidak tahu kapan pastinya terjadi,"pungkas KGPH Puger, tersenyum. #V1K/ Yani.






























Thanks for reading KGPH Puger: Kebo Bule Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Mati Karena PMK | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS