KGPH Puger : Presiden Ngunduh Mantu Di Pura Mangkunegaran Tidak Salahi Pakem

November 25, 2022
Jumat, 25 November 2022


 KGPH Puger salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

GUGAT news.com. SOLO 

Ditemui di sela-sela kegiatannya waktu senggangnya di Wedangan Gus Plengeh yang ada di Kampoeng Batik Laweyan, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger menegaskan jika Presiden Ir H Joko Widodo mau ngunduh mantu pernikahan putranya Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran Tidak Salahi Pakem, paugeran atau aturan adat istiadat budaya Jawa. Tidak salah dan tak perlu dipermasalahkan.

         Pura Mangkunegaran Surakarta 

" Jangankan seorang Presiden Ir H Joko Widodo, orang lain pun yang bukan kerabatnya keraton dan mampu menyewa Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau Pura Mangkunegaran dan pihak keraton serta Mangkunegaran memberikan ijin ya tidak ada masalah serta tidak perlu untuk dipermasalahkan. Dan itu juga tidak melanggar pakem tradisional adat istiadat budaya Jawa," papar KGPH Puger.

Ditambahkan Gusti Puger, panggilan akrab KGPH Puger, bahkan dulu pernah Sinuhun Paku Buwono XII memberikan ijin kepada orang lain yang bukan merupakan kerabat keraton untuk menggunakan Ndalem Sasana Mulya untuk sebuah perhelatan. Selama tidak membuka Krobongan tidak ada masalah. Lain halnya kalau kerabat ndalem apalagi Putra Putri Ndalem Sinuhun, boleh saja.

Akan halnya dengan Presiden Ir H Joko Widodo, masih menurut penuturan Gusti Puger, sama sekali tidak ada masalah. Toh beliau seorang presiden yang pastinya sudah disetujui oleh sang pemiliknya, Mangkunegara X, ya sudah kenapa harus dipersoalkan? Orang-orang lain pun selama mendapatkan ijin dari pemiliknya, ya kenapa dipermasalahkan. Toh tidak melanggar aturan baik keraton maupun Mangkunegaran. 

"Memang khusus untuk Krobongan, tidak sembarang orang boleh masuk kecuali kerabat ndalem atau putra putri Ndalem Sinuhun. Itu pun harus melalui ijin khusus dari Sinuhun. Masalahnya, Krobongan merupakan area pribadi keraton yang sangat sakral. Pastinya, dimaksudkan agar tidak terjadi apa-apa dengan gelaran acaranya. Setidaknya bisa malati, menjadikan celaka bagi yang nekat masuk Krobongan tidak seijin Sinuhun," tandas KGPH Puger. #Yani

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Banaran Gagaksipat Ngemplak Boyolali 



















Thanks for reading KGPH Puger : Presiden Ngunduh Mantu Di Pura Mangkunegaran Tidak Salahi Pakem | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS