Sejuknya Ziarah Ke Astana Girilayu Makam KGPAA Mangkunegara

Desember 25, 2022
Minggu, 25 Desember 2022


Pintu Utama Masuk ke Bangunan makam tiga Raja Mangkunegara yang berarsitektur Belanda

GUGAT news.com KARANGANYAR 

Masih dalam lokasi sekitar Bukit Pangadeg rupaya tidak jauh dari makam KGPAA Mangkunegara I terdapat makam Raja lagi terkait Mangkunegaran yaitu Astana Girilayu. 


Tiga makam Raja Mangkunegara bermarmer mewah

Berbeda dari Astana Pangadeg kalau di Astana Girilayu sepertinya peraturan tidak begitu ketat. Hanya saja tetap lepas alas kaki saat masuk makam bahkan diperkenankan memotret.


Foto Raja Mangkunegara IV, V, VII dan VIII dipasang di beranda

Dua orang tua penjaga makam terkesan sangat ramah menyambut setiap peziaroh yang datang berkunjung bahkan mempersilahkan istirahat diberanda depan komplek pemakaman. 

Di beranda terpajang foto Raja Mangkunegara IV, V, VII dan VIII. Hanya hitungan menit penjaga makam dari mereka itu datang membawakan minuman teh panas.  


Bangsal didepan Komplek Astana Girilayu bisa dipakai tempat istirahat

Dengan hawa sejuk disekitar makam rupanya membawa suasana nyaman para Peziarah untuk berlama-lama istirahat di Beranda.

Rupanya rumah makam Raja Mangkugara yang beraksitetur Belanda dengan motif motif ornnamen Belanda menjadi bagian sangat menarik perhatian bahkan tiga makam didalamnya berlapiskan marmer dan ada diatas pusara terdapat mahkota.  


Usai berziarah rombongan  sarasehan sambil istirahat

Didalam rumah itu ada tiga makam raja dan satu makam Raja ada diluar namun dengan rumah makam biasa saja. Puluhan makam yang ada di Astana ini juga merupakan kerabat dari Pura Mangkunegaran.


Seperti  apa yang dilakukan ziarah di Astana Pangadeg di Astana Girilayu, rombongan peziarah yang datang dari Tangerang, Solo dan Sragen juga melakukan Tawasul serta Tahlil. 

Pimpinan rombongan H. Bambang Supardi sangat beryukur niatan ikhlas ziarah ke makam -makam Raja Mangkunegran ini lancar tidak hujan dan banyak hikmah yang bisa diambil . 

Usai Ziarah rombongan kembali ke beranda , H, Bambang Supardi kembali memberi wejangan agar semua peserta ziarah tetap menjaga istiqomah beribadah dan mengingatkan kembali tentang banyaknya musibah di negara ini  agar selalu bersholawat Nabi dan selalu dekat kepada Allah SWT. #Taufik













Thanks for reading Sejuknya Ziarah Ke Astana Girilayu Makam KGPAA Mangkunegara | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS