Kepala BPN Solo Belum Tahu Status Tanah Taman Sunan Jogo Kali

Maret 30, 2023
Kamis, 30 Maret 2023

Taman Sunan Jogo Kali yang ada di bantaran Sungai Bengawan Solo itu

GUGAT news.com SOLO

Tensa Nur Diani selaku Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Solo yang ditemui wartawan pada Rabu (29/3/2023) di kantornya, menyoal statusnya lahan tanah Taman Sunan Jogo Kali mengaku belum tahu menahu akan status lahan destinasi wisata bahari di Sungai Bengawan Solo yang ada di Kampung Pucangsawit, Jebres itu.

Tensa Nur Diani Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Solo 

Dikonfirmasi masalah status dengan adanya bangunan di pinggir Sungai Bengawan Solo yang kabarnya dimiliki mantan pejabat di Solo, Tensa mengakui jika pihaknya, BPN Solo selama ini belum pernah digandeng oleh pihak yang berwenang untuk memberikan ijin pendirian bangunan di bantaran Sungai Bengawan Solo, yaitu Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS).

Keraton Surakarta Hadiningrat destinasi wisata di Kota Solo 

"Sehingga dalam hal ini, jadi kami BPN Solo ya tidak tahu menahu akan status lahan tanah destinasi wisata itu. Intinya, kalau kami diajak untuk survei bersama oleh instansi terkait, barulah berani menetapkan akan status lahan tanah nya termasuk pensertifikatannya," tegas Tensa.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini

Jadi, masih menurut penuturan Tensa, sebelum BPN mengeluarkan sertifikat tanah atau Surat Hak Milik (HM) akan lahan tanah, terlebih dahulu akan melihat bangunan tersebut berada pada sempadan atau bantaran sungai atau tidak. Selain itu sudah adakah rekomendasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) atau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat atau belum."Kami BPN senantiasa berhati-hati sebelum keluarkan sertifikat tanah," ujarnya.

Adanya sertifikasi lahan tanah di bantaran sungai, lanjut Tensa, tidak semudah BPN memberikannya. Semua ada prosedurnya, kali pertama ada kewenangan dari pihak BBWSBS, sebab sepandan atau bantaran sungai itu merupakan wilayah kewenangan BBWSBS yang pastinya juga telah memiliki aturan dan kewenangan.

"Dimulai dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo ( BBWSBS) yang telah bekerjasama dengan Pemda atau Pemkot setempat, barulah dari BPN bersama sama melakukan peninjauan sekaligus survei sebelum menerbitkan adanya sertifikat," tegas Tensa Nur Diani. #Yani.












Thanks for reading Kepala BPN Solo Belum Tahu Status Tanah Taman Sunan Jogo Kali | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS