Benteng Vastenburg Memprihatinkan

Agustus 13, 2023
Minggu, 13 Agustus 2023


 Benteng Vastenburg dibangun semasa Sinuhun PB II (1745)

GUGAT news.com SOLO

Kepada GUGAT news yang menjumpai di sekitar area halaman perparkiran Benteng Vastenburg, Pengacara yang dikenal spesialis menangani kasus hukum Cagar Budaya ini, Kanjeng Pangeran (KP) Bambang Pradhoto Nagoro SH, mengaku prihatin dengan kondisi Benteng Vastenburg.

" Selain sudah banyak yang rusak bagian di dalamnya, juga sepertinya cukup menarik dengan kondisi Benteng Vastenburg ini. Adalah satu satunya benteng yang bisa dikuasai oleh swasta. Bahkan ada beberapa nama pemiliknya. Di Indonesia ini hanya Benteng Vastenburg lah yang dipunyai swasta, lainnya dikuasai oleh negara," jelas KP Bambang Pradhoto Nagoro SH.

Menariknya lagi, lanjut Kanjeng Bambang, sapaan akrab KP Bambang Pradhoto Nagoro SH, lahan Benteng Vastenburg ini dikuasai oleh 3 nama pengusaha kaya raya. "Maaf, untuk nama pemiliknya saya belum bersedia menyebutkan nama mereka. Intinya kasus Vastenburg ini menariknya," tandas Kanjeng Bambang yang kini tengah menangani kasus Ndalem Tumenggungan Kepatihan Mangkunegaran Solo.

Sepertinya sah dan wajar saja, jika Kanjeng Bambang banyak mengetahui sekaligus memahami tentang keberadaan Benteng Vastenburg. Pasalnya rumahnya yang berada di dalam Beteng Baluwarti Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang pastinya tak jauh dari Benteng Vastenburg ini, semasa kecilnya biasa sering main ke Vastenburg.

"Saya faham sekali tentang Benteng Vastenburg yang kini banyak yang rusak. Sedari kecil saya biasa main ke Vastenburg. Biasa naik dan muter Beteng Vastenburg dari atas untuk melihat sungai kecil dibawahnya yang kini sudah tidak ada airnya, kering dan rusak parit penghalang musuh masuk Beteng Vastenburg," terang Bambang 

Memang, lanjut Bambang, pintu utama Benteng Vastenburg sepertinya masih tampak utuh dan rapi. Mungkin sudah direnovasi sekaligus menata serta menghilangkan tempat yang sudah tidak layak lagi. Dahulunya, masih ada semacam berak barak untuk prajurit saat masih aktif dipakai TNI AD. Bahkan dahulunya Panembahan Agung Tejowulan Putra Ndalem Sinuhun PB XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pernah menjadi komandannya. 

Kalau saja, masih menurut penuturan Kanjeng Bambang, Benteng Vastenburg bisa kembali menjadi milik pemerintah dan dilakukan renovasi, revitalisasi dikembalikan wujud bangunannya seperti semula, pastinya bisa menambah destinasi wisata sejarah tersendiri. " Kembali semua difungsikan termasuk parit yang mengelilingi Beteng Vastenburg, wuih sempurna dan menarik sekali," harap Kanjeng Bambang. #Yani


Thanks for reading Benteng Vastenburg Memprihatinkan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS