Dampak Revitalisasi Keraton Terhadap Suasana Di Dalamnya

Agustus 22, 2023
Selasa, 22 Agustus 2023

 

     Kasunanan Surakarta Hadiningrat

GUGAT news.com SOLO 

Mundur dan mundur lagi, entah kapan realisasi revitalisasi, renovasi ataupun perbaikan terhadap kondisi fisik bangunan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang mulai memprihatinkan. 

Dahulunya pernah ada kesepakatan bersama pemerintah yang dalam hal ini Dirjen Kebudayaan dan Kementerian PUPR untuk direvitalisasi, renovasi atau perbaikan di beberapa titik dalam.Benteng Cepuri serta Baluwarti.

Diceritakan Kanjeng Pangeran (KP) Bambang Pradhoto Nagoro SH, setidaknya di dalam Cepuri ada tiga titik yang sudah perlu perhatian tersendiri. Keraton Kulon Sinuhun Paku Buwono (PB) X, Ndalem Keputren dan Panggung Songgo Buwono.

Untuk di luar Cepuri namun masih berada di dalam Beteng Baluwarti, ada Ndalem Sasono Mulyo, Istal Kandang kuda serta Ndalem Kepatihan yang menurut rencana akan dibangun di bekas Gedung SMEA Saraswati yang ada di sebelah timur Gondorasan.

"Sepertinya ada 9 titik yang sudah darat dengan kerusakan dan perlu perhatian khusus. Tiga di dalam Cepuri dan tiga lagi juga di dalam Beteng Baluwarti. Masih di lingkungan area keraton," terang KP Bambang Pradhoto Nagoro SH.

Lebih jauh ditegaskan Kanjeng Bambang, panggilan akrab KP Bambang Pradhoto Nagoro SH, ada beberapa di luar Tembok Beteng Baluwarti. Diantaranya ada di sekitar Alun-alun Utara serta Selatan.

" Semoga saja setelah adanya pertemuan dengan Sinuhun PB XIII, Lembaga Dewan Adat ( LDA) serta Mas Wali Gibran Rakabuming Raka, revitalisasi keraton segera terwujud!" harap KP Bambang Pradhoto Nagoro SH. #Yani

Thanks for reading Dampak Revitalisasi Keraton Terhadap Suasana Di Dalamnya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS