Di Tangan Gunawan Pajang Galon Bekas Jadi Lampion Gurita

Agustus 26, 2023
Sabtu, 26 Agustus 2023

Gunawan dengan karyanya galon bekas menjadi lampion Gurita

GUGAT news.com SOLO

Indahnya lampu lampion yang berwarna warni tertata rapi  dari ujung sampai akhir gang Kampung Sekar Jagat 3 Desa Sari Mulyo RT 04 RW 02 Pajang, Laweyan, Solo, rupanya membuat kampung peninggalan Kasultanan Pajang ratusan tahun silam itu jika dimalam hari  menjadi sangat indah.

Sehingga tidaklah mengherankan lagi kalau pada akhirnya menjadi perhatian tersendiri bagi masyarakat sekitarnya. Yang pasti menjadi latar belakang untuk Selfi foto atau foto berbarengan.

Lampion Gurita hiasi sepanjang gang sekar jagad 3

Lampion-lampion itu ternyata terbuat dari galon air mineral bekas yang dipotong mirip layaknya kap lampu yang ditambahi potongan potongan galon memanjang  menempel disekitar  lampion. 

Banyak warga yang menyebutnya dengan Lampion Gurita. Menurut warga sekitar pemasangan lampu ini memang memerlukan keahlian khusus, pastinya tukang listrik dan kebetulan ada warga bernama Pri yang bisa mengatasinya.

Pintu masuk gang sekar jagad 3 Sari Mulyo RT 04 Rw 02 Pajang,Laweyan, Solo, Jawa Tengah

 Selain itu keterlibatan para bapak-bapak dan para pemuda sehingga semua dari pemasangan dan pembuatan Lampion berjalan sukses. 

Menurut warga yang ditemui GUGAT news informasinya gagasan pertama pembuat lampu Lampion ini adalah salah satu warga yang bernama Gunawan ( 55 th ) penjual kanvas lukisan. 

Menurut Gunawan yang ditemui  ( Jum at 25-08-23 ) mengatakan kalau dirinya terdorong ingin pitulasan peringatan kemerdekaaan ke 78 ini kampung tempat tinggalnya bisa gayeng berbeda dari yang lain selain itu bisa menginspirasi kampung yang lain agar bisa ikut berkreasi dengan karya yang lain.

Ditambahkan lagi persiapan membuat lampion Gurita ini dimulai satu bulan sebelum Agustus karena harus mengumpulkan gallon mineral bekas yang didapat dari warga sekaligus terus merakitnya yang dibantu juga bapak dan para pemuda. 

Sampai akhirnya terakit 280 lampion dan terpasang semua. Namun hanya satu gang saja karena untuk memenuhi gang lain di Sari Mulyo ini sudah habis waktu dan biayanya lagian juga banyak pertimbangan . 

Dalam akhir obrolannya Gunawan mengajak kepada semua masyarakat Pajang khususnya Kota Solo pada umumnya. "Ayo mari tunjukkan rasa Nasionalisme kita dengan karya –karya yang bisa memeriahkan Kemerdekaan meskipun dengan barang-barang bekas apapun!"  harapnya. #Nio







Thanks for reading Di Tangan Gunawan Pajang Galon Bekas Jadi Lampion Gurita | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS