Geliat Potensi UMKM Dalam Sondakan Art Festival

Agustus 28, 2023
Senin, 28 Agustus 2023


 Camat Laweyan Endang Sabar Widiasih membuka Sondakan Art Festival di Sondakan,Laweyan,Surakarta, Jawa Tengah

GUGAT news.com SOLO

Setelah menempati gedung baru di Jalan Agus Salim No 31, Kecamatan Laweyan, Surakarta – Jawa Tengah agenda Kalurahan Sondakan, Laweyan, Surakarta melanjutkan agenda tahun kemarin berupa Sondakan Art Festival. Untuk tahun ini agenda ini adalah kedua kalinya . 

Gedung baru Kalurahan Sondakan berada di jalan Agus Salim No. 31 Sondakan, Pajang, Laweyan, Surakarta

Yang pasti dalam kegiatan ini berbagai potensi yang dipunyai masyarakat Sondakan siap digelar selama 5 hari dari 27 – 31 Agustus 2023. 
Kegiatan menjelang malam Pembukaan Sondakan Art Festival pada Minggu pagi tanggal 27 Agustus 2023 diadakannya Lomba melukis Tong sampah dan lomba mewarnai untuk umum, tapi kali ini hanya untuk pelajar dengan biaya gratis.


Tersdia bursa lukisan karya seniman Sondakan

Tentang gagasan munculnya Sondakan Art Festival berawal dari musibah Corona tahun 2020 yang telah melumpuhkan semua usaha besar seperti Batik dan usaha kecil sehingga semua lapisan masyarakat sangat merasakan dampaknya, khususnya dalam hal perekonomian. 


Berbagai UMKM dalam sajian kuliner dan kerajinan

Dari keterpurukan inilah akhirnya 4 warga sondakan yang terdiri dari tokoh masyarakat dan seniman Sondakan mempunyai gagasan mengadakan kegiatan yang disebut Sondakan Art Festival. 

Inti kegiatan bertujuan memperdayakan semua potensi yang dimiliki warga seluruh kampung Sondakan, sehingga kampung Sondakan diharapkan kembali dinamis seperti semula sebelum imbas Pandemi Covid 19.


Khairul Anam,Ssn Ketua Panitia dan sebagai salah satu founder Sondakan Art Festival

Khairul Anam,Ssn Ketua sekaligus salah satu penggagas kegiatan Sondakan Art Festival kepada GUGAT news mengatakan bilamana kegiatan ini disamping hiburan juga memberi edukasi masyarakat tentang seni, tentang usaha bisa kuliner, kerajinan, batik sampai lukisan. 


Sedangkan Lurah Sondakan yang  selesai boyong Kalurahan Sondakan ini pitna tugas, pensiun, Drs. Prasetyo Utomo menambahkan, kegiatan ini sebagai pemicu kebangkitan UMKM yang ada di kampung Sondakan.

 Sehingga sekarang sudah muncul Komunitas bernama UMKM Sondakan Bergerak. Harapannya apa yang dibutuhkan seperti souvenir, batik, kuliner, jajanan bisa berhubungan dengan komunitas UMKM Sondakan Bergerak. 


Dalam akhir pesannya Drs.Prasetyo Utomo untuk warga Sondakan yang sangat penting harus menjaga kekompakan dan kegotong royongan.

Hadir dalam pembukaan Sondakan Art Festival  Camat Laweyan Endang Sabar Widiasih yang dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan Sondakan Art Festival sebagai kegiatan yang luar biasa karena merupakan potensi ajang kreatifitas warga Sondakan, baik seni dan kegiatan usaha. 


Usai sambutan Camat Laweyan, Endang Sabar Widiasih langsung membuka Sondakan Art Festival dengan ditandai memukul kentongan.

Acara pembukaan dimeriahkan dengan berbagai hiburan diantaranya musik keroncong dan pentas tari. Para pengunjung akan mendapat voucher sebesar Rp. 10.000 yang bisa ditukarkan di tenda UMKM yang telah tersedia dengan berbagai kuliner makanan dan minuman. 


Disamping itu beberapa karya seniman warga Sondakan berupa lukisan juga dipamerkan sekaligus seperti bursa lukisan karena ada harga jualnya yang siap dibeli lewat Panitya. 

Untuk Pasar Seni dan bursa lawasan yang telah dipublikasikan  ke masyarakat,  Lurah Sondakan menyesalkan tidak bisa memenuhi karena untuk tempat belum terpenuhi akibat Pendopo yang direncanakan belum dibangun. 


Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali, Solo 

"Insya Allah awal tahun akan dibangun Pendopo  begitu janji Drs.Prasetyo Utomo ( 58 th ) yang menurut informasinya akan Purna tugas sebagai Lurah Sondakan dalam beberapa hari lagi." jelasnya. # (Nio/ Yani )















Thanks for reading Geliat Potensi UMKM Dalam Sondakan Art Festival | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS