Hari Jadi Solo Ke 279 Wawali Pimpin Ziarah Ke Makam Ki Ageng Henis

Februari 07, 2024
Rabu, 07 Februari 2024

   Wawali Solo Teguh Prakoso. Foto; Yani 

GUGAT news.com SOLO 

Makam leluhur Ki Ageng Henis yang merupakan makam tertua di Kota Solo yang sekaligus merupakan cikal bakal berdirinya Dinasti Mataram Islam dari Panembahan Senopati hingga Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang ada di Kampung tertua di Solo, Kampung Laweyan, pagi itu Rabu (7/2) tidaklah seperti biasanya. Ramai sekali peziarah.

Puluhan peziarah yang terdiri dari Muspida Kota Surakarta dan langsung dipimpin oleh Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakoso tampak khusyuk berdoa di depan pusara Ki Ageng Henis. Seperti tahun tahun sebelumnya, ziarah makam leluhur merupakan bagian dari rangkaian acara ulang tahun hari jadi Kota Solo. Kali ini yang ke 279, bersamaan dengan berdirinya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat 1745.

"Ini bagian rangkaian acara untuk memperingati hari ulang tahun berdirinya Kota Solo yang ke 279. Kami setiap tahun selalu ziarah ke makam leluhur pendiri Kota Solo. Ki Ageng Henis merupakan cikal bakal berdirinya Dinasti Mataram Islam. Solo Mataram Islam terakhir setelah Kota Gede, Plered, Kerto dan Kartasura," jelas Wawali Teguh Prakoso.

Masih menurut penuturan Teguh, selain Ki Ageng Henis, juga ziarah ke Makam Mloyokusuman, sebelah timur Keraton yang masih dalam area Beteng Baluwarti, makam Ki Gede Solo, pemilik tanah yang di beli Sinuhun Paku Buwono (PB) II Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (1743) dibangun. 1745 pindah dari Kartasura. 

Setelah ziarah di Solo, dilanjutkan ke Pengging Boyolali, makam Yosodipuro yang juga merupakan tokoh spiritualitas Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan pastinya berperan sekali dengan berdirinya Kota Solo. " Barulah selesai ziarah, dilanjutkan nantinya acara HUT nya Kota Solo," pungkas Wawali Teguh Prakoso. # Yan 1.

Thanks for reading Hari Jadi Solo Ke 279 Wawali Pimpin Ziarah Ke Makam Ki Ageng Henis | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS