Nyaman Ngabuburit di Keraton Kasunanan

Maret 13, 2024
Rabu, 13 Maret 2024


 Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO

Bagi musafir yang tengah berada di Kota Solo dalam suasananya bulan suci Ramadhan, bisa jadi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menjadikan alternatif tersendiri untuk ngabuburit, menanti datangnya adzan Maghrib.

Selain suasananya nyaman, teduh, sejuk dengan pepohonan beringin yang ada di halaman Kori Kamandungan menambah nyaman nya menunggu bedug Maghrib. Bukan hanya itu saja, menatap indahnya bangunan heritage keraton dari seberang Panggung Songgo Buwono menambah kenyamanan tersendiri.

Masalah kuliner untuk membatalkan berbuka puasa, banyak gelaran dijajakan di halaman samping kanan kiri Kori Brokonolo lor. Angkringan dengan beragam menu tradisional ada di sebelah kanan dan kiri Brokonolo. Tidak terkecuali minuman wedang jahe dan nasi kucing alias nasi sambel secuil bandeng.

Wedang atau minuman Ronde, Sekoteng juga tersedia di kanan kiri halaman Kori Brokonolo. Belum cukup sampai di situ saja masalah kulineran di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Yang gratis pun juga disediakan. " Sumonggo ngabuburit dengan Bukber di Masjid Paromosono," tutur Ustadz Akhmad Nadzir, Imam Masjid Paromosono.

Kebetulan Masjid Paromosono PB II Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini tidak jauh dari Bangsal Kamandungan, sehingga bagi siapapun termasuk musafir dari berbagai kota yang ada di luar Solo bisa buka bersama di Masjid Paromosono. Tentunya gratis dan langsung pula menunaikan ibadah shalat Maghrib serta Taraweh. # Yani


Thanks for reading Nyaman Ngabuburit di Keraton Kasunanan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS