Masjid Al Furqon Tumpengan Saat Khotmil Al Qur'an

April 09, 2024
Selasa, 09 April 2024


Pemotongan Nasi Tumpeng oleh Ketua LP2A Desa Makamhaji Gatot Wahyudi,SH diserahkan kepada Ketua Takmir Masjid Al-Furqon Suwanda Hadi Wijaya,SE

GUGAT news.com SUKOHARJO 

Sepertinya tema tempo jaman dulu ala budaya Jawa ini, tidak hanya direalisasikan saat sajian buka bersama maupun khataman di Masjid Al-Furqon, Karang Lor RW 15, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, bulan lalu (26-03-2024). 

Melainkan menu sajian nasi tumpeng ala Jawa, termasuk wedang Jahe disajikan saat selesai acara Khotmil Qur’an, hari Senin, 8 April 2024 .
Khotmil Qur’an yang dipandu Gus Zaim  atau Diar Dwi Abrianto ,S.Tr, MA ini dalam pembukaannya," Khotmil Qur’an ini merupakan bagian dari kegiatan I’tikaf akhir Romadhon di Masjid Al-Furqon."


Foto bersama para Hafidz hafalan bacaan, penyetor hafalan, pembina ibu Jamaah Al-Furqon dan bersama Ibu Lurah Desa Makamhaji (baju hitam

Ditambahkan H.Sukidi , S.Ag, S.Pd, M.Pd.I sebagai pembawa acara sekaligus Ketua Yayasan Al-Furqon, mengatakan "Khotmil Qur’an adalah kegiatan yang dibudayakan di Masjid Al-Furqon, khususnya melibatkan para Hafidz atau santri yang ada di lingkungan sekitar Masjid Al-Furqon agar termotivasi terus menjadi Hafidz, termasuk memunculkan hafidz baru dari anak-anak dan remaja.


Penyerahan penghargaan sertufikat oleh Ketua Panitia Ramadhan Masjid Al-Furqon Diar Dwi Abrianto, S.Tr, MA ( Gus Zaim )

Menariknya dari acara Khotmil Qur’an di Masjid Al-Furqon tahun ini, memakai tradisi nasi Tumpengan, selain itu sebuah prestasi tersendiri manakala setiap tahun Masjid Al-Furqon selalu menampilkan para Hafidz baru dari anak dan remaja . Untuk kali ini Tasmi’ bil ghoib ( hafalan bacaan ) menampilkan Naula Alfa Qurrota Ayyun binti Edi Santosa seorang remaja putri yang masih SMP kelas 2.


Suasana Khotmil Qur'an di Masjid Al-Furqon Karang Lor Rw 15, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo.

Ada pula tampilan dari Naim bin Yusuf Efendi seorang remaja putra kelas 2 SMA, serta ada penghafal beberapa Juz yaitu remaja putri kelas 2 SMA bernama Sofia Nikmah Azizah  dan seorang putri kelas 2 SD bernama Najwa Amanatullah Bahkan termasuk seorang  bapak muda bernama Wuryanto juga Hafidz dengan dua anaknya masih kecil sudah jadi calon Hafidz.


Sebelum pembacaaan Doa Khotmil Qur’an dibacakan oleh Asmawi,S.Ag, panitia mempersiapkan satu tampah berisi Nasi Tumpeng komplit dengan ingkung ayam layaknya kondangan yang diletakkan ditengah-tengah para Jamaah. Sehingga begitu selesai doa, langsung acara seremonial berupa pemotongan nasi Tumpeng oleh Ketua LP2A Gatot Wahyudi,SH.

Disusul acara kemudian diserahkan dalam bentuk sepiring nasi liwet komplit kepada Ketua Takmir Masjid Al-Furqon Suwanda Hadi Wijaya,SE. 


Akhir acara Khotmil Qur’an Panitia kegiatan Romadon Masjid Al-furqon menutup dengan memberikan penghargaan sertifikat kepada para hafidz baik dari Tasmik bil ghoib maupun para Ziyadah ( penyetor hafalan ) . 

Pada kesempatan itu penyerahan penghargaan Sertifikat melibatkan beberapa tokoh Islam dan masyarakat diantaranya, Ketua LP2A Gatot Wahyudi,SH, Ketua Panitia Regenge Romadhon Desa Makamhaji,  Slamet Hartono,SE, Ketua Panitia Panitia Romadhon Masjid Al-Furqon Diar Dwi Abrianto,S.Tr,MA (Gus Zaim), Ketua Takmir Masjid Al-furqon Suwanda Hadi Wijaya , Ibu Lurah Desa Makamhaji dan Tokoh masyarakat setempat serta dari Ketua Ibu Jamaah Al-Furqon.


Mengakhiri kegiatan, H. Sukidi ,S.Ag, S.Pd, M.PdI mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir dan semua yang telah mendukung Khotmil Qur’an hingga berjalan lancar sekaligus mengumumkan bahwa Sholat Idul Fitri yang diadakan 4 lembaga Islam tahun 1445 H ini jatuh pada hari Rabu 10 April 2024 Pukul 06.00 WIB seperti biasa diadakan di Lapangan Makamhaji, Kartasura,Sukoharjo . ( Fik )
















Thanks for reading Masjid Al Furqon Tumpengan Saat Khotmil Al Qur'an | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS