Cawawali Solo BRM Dr Kusumo Putro SH MH Didoakan Wong Sukoharjo

Mei 31, 2024
Jumat, 31 Mei 2024


 BRM Dr Kusumo Putro SH MH (tengah) mengamini doa yang dipanjatkan kyai sepuh dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto: Yani

GUGAT news.com SUKOHARJO

Malam itu, Kamis (30/5) dari mulai bakda isya sampai pukul 23.00 WIB, suasana Padepokan Merah Putih milik Purwanto yang ada di Siwal, Baki, Sukoharjo, tidaklah seperti biasanya. Puluhan atau bahkan ratusan orang tampak memenuhi padepokan dan halamannya.

Terlebih dengan adanya suara keras dari musik genderang bertalu talu untuk pertunjukan kesenian reog Ponorogo, semakin menambah maraknya suasana tersendiri. Tepat pukul 20.00 kesenian reog pun mulai dimainkan oleh anak-anak remaja Padepokan Merah Putih. Tak pelak, suara hingar bingar pun mewarnai malam itu.

Menariknya, tak lama kemudian gelaran budaya kesenian reog selesai, sayup-sayup alunan musik khas Jawa tradisional mulai mengalun bersamaan dengan lantunan tembang Jawa, mocopatan. Dari mocopatan disambung dengan alunan bacaan shalawat nabi sekaligus dzikir tahlil, tasbih dan tahmid.

Umbul dongo pun, doa khususnya untuk beliau BRM Dr Kusumo Putro SH MH agar nantinya menang dalam pencalonan Wakil Walikota Solo tahun 2024-2029 pun dilantunkan. Saat itu pula, ratusan jamaah yang hadir di Padepokan Merah Putih mengamininya, tanpa terkecuali beliau BRM Dr Kusumo Putro SH MH.

Selesai dari ritual umbul dongo, seperti biasa pada umumnya usai dari dzikir tahlil, tasbih dan tahmid, kembul bujono, makan bersama pun dilakukan. Menariknya, malam itu hidangan bukan berupa nasi dan lauk pauk melainkan cemilan tradisional Jawa. Pisang kepok rebus, singkong rebus, kacang rebus buahnya jeruk keprok. Suasana familiar pun semakin terasa dengan keakraban BRM Dr Kusumo Putro SH MH, Purwanto pemilik Padepokan Merah Putih serta jamaah. # N1N.

Thanks for reading Cawawali Solo BRM Dr Kusumo Putro SH MH Didoakan Wong Sukoharjo | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS