Ustadz Ipmawan M Iqbal : Nur Cahaya

Mei 18, 2020
Senin, 18 Mei 2020


Kuliah Dhuha

 NUR

Kata _Nur_ berasal dari bahasa Arab yg diartikan dengan cahaya. AlQuran menyebutkan sebanyak 43 kali. Bahkan, surah ke-24 juga diberi nama dengan _anNur_. Alquran banyak membahas tentang eksistensi _nur_ .

Menurut pakar tata bahasa Arab Ibrahim Anis dalam kitab _alMu'jam alWasth_, nur adlh cahaya yg menyebabkan mata dapat melihat. Secara etimologis, cahaya adlh sesuatu yg menyinari suatu objek sehingga menjadi jelas dan terang. 

Allah telah menciptakan manusia, diberikan akal pikir dan nurani. Dimana dengan kedua hal itu bisa menuntun menapaki langkah2 menuju kebenaran. Inilah cahaya Ilahi, jalan kebenaran utk mencapai kemuliaan dlm kehidupan manusia.

"Allah adlh cahaya langit dan bumi. Perumpamaan cahayaNYA adlh ibarat misykat (lubang yg tidak tembus). Dalam misykat itu ada pelita. Pelita itu dalam kaca. Kaca itu laksana bintang berkilau. Dinyalakan dgn minyak pohon yang diberkati.
Pohon zaitun yg bukan di timur atau di barat. Yang minyaknya hampir2 menyala dgn sendirinya, Walaupun tiada api menyentuhnya.
Cahaya di atas cahaya ! 
Allah menuntun kepada cahayaNYA
Siapa saja yang menghendaki
Dan Allah membuat perumpamaan bagi manusia.
Sungguh Allah mengetahui segala sesuatu."
(Lihat terj. QS anNur; 35).

Pada tafsir _AlMishbah_ dijelaskan mengenai ayat tersebut. Cahaya di sini memiliki makna fisis/materiil dan juga bermakna maknawi. Jika dilihat dari segi maknawi, cahaya tersebut menunjukan terhadap kebenaran, keadilan, pengetahuan, keutamaan, petunjuk dan keimanan. Allah telah menerangi langit dan bumi dengan bukti2 yg terkandung di alam raya dan segala sesuatu yg menunjukkan wujud Allah serta mengajak utk beriman kepadaNYA.

Dibutuhkan cahaya diantara manusia yg telah diberikan kemampuan, utk membimbing sesama menemukan dan berjalan diatas langkah kebenaran.

Jadilah orang yang membawa cahaya, terang dirinya, selalu berbagi pada yg lain. Selalu, selalu ada harapan meskipun kita remang2 dalam bencana musibah Covid 19 ini.

Jadilah bagian dari _Nur_; pembawa harapan, pelita serta inspirasi  'terang' pada pribadi sendiri dan orang di sekitarmu, khususnya mereka yang sedang bersedih, bermasalah, penderitaan dan putus asa. Sesungguhnya motivator terbaik adlh diri kita sendiri dalam bimbingan cahayaNYA.

Allahu a'lamu bishowab.

*Solo*, 18 Mei 2020/
25 Ramadhan 1441

*Progam Pendidikan AlQur'an Usia Dini (PPAUD) dan Kuttab Minal Mukhlashin* 
*Qur'anic Home Education*
*Ma'had Tahfidz Insan Qur'ani*

https://www.instagram.com/tv/CAT0xEph_G6/?igshid=dn18f3qyxldx

https://bit.ly/AiTVDhuha18052020

*_Ust H Ipmawan M Iqbal_*

Thanks for reading Ustadz Ipmawan M Iqbal : Nur Cahaya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS