Lomba Lukis Galon Semarakkan Ramadhan Masjid Al Furqon Makamhaji

April 18, 2022
Senin, 18 April 2022

Orangtua dan anak terlihat bekerja sama merangkai warna lukisan

GUGAT news.com. SUKOHARJO.

Pagi itu, Minggu 17 April 2022 mulai pukul 07.45 WIB halaman Masjid Al-Furqon diKarang Lor RT 05 RW 15 Kartasura, Makamhaji rupanya dipenuhi orangtua dan anak-anak seusia sekolah dasar yang membawa galon air mineral bekas. Info yang GUGAT news.com peroleh ternyata Remaja Masjid dan Pengurus Masjid Al Furqon sedang mengadakan lomba lukis galon air mineral bekas.

Sukidi ,S.Ag, S.Pd,MPd.I ketua yayasan Al Furqon memberi semangat para peserta.

Bisa dipastikan lagi, menggunakan barang limbah untuk kreasinya, Sepertinya memang konsep limbah bekas seperti botol air mineral dan galon air mineral menjadi brain dari Masjid Al-Furqon sehingga tampak memenuhi hiasan kampung Romadhon Karang Lor, seperti terlihat gapura dari botol juga kubah dari botol.

Pembagian cat akrilik untuk para peserta.

Sehingga ditambah hari itu dimeriahkan dengan lomba lukis galon air mineral bekas. Menurut Gigih Garindra Ketua Panitia lomba mengatakan gagasan lomba ini muncul karena dampak dari hias kampung romadhon akibat adanya sisa galon air mineral bekas , dari panitia memperkirakan peserta hanya 25 orang namun ternyata melebihi kuota menjadi 35 orang.

Suasana di halaman masjid Al Furqon , Karang lor makamhaji

Dan akhirnya menyusul pengumuman peserta bawa galon sendiri. Dari uang pendaftaran Rp.15.000 dapat fasilitas cat akrilik gratis , sertifikat dan ada fasilitas photobot juga. Gigih menambahkan ternyata peserta tidak hanya dari Makamhaji saja malah ada dari Semanggi bahkan Wonogiri.

Karya yang sementara sudah terkumpul.

Meski suasana masih berpuasa ternyata Respon anak dan orangtua disaat lomba sangat senang sekali ,begitu Panitia berteriak “ Mana semangatmu “ kontak bersamaan anak-anak pesertapun menjawab “ ini semangatku”.

Sehingga Lomba yang dimulai pukul 08.00 pagi tepat para peserta memulai membentuk galon air mineral sesuai kreatifitas masing-masing peserta untuk kap lampu atau pot tanaman. Disini peran orangtua dibutuhkan karena harus memotong dan menggunting setelah itu para pesertapun mulai mendasari warna putih dan melukisnya. 

Juri lomba Nurul Rohmadi,Spd dan Mulyani, Spd mengatakan lomba ini memang sengaja melibatkan orangtua dan anak karena disini ada pembelajaran kebersamaan, jadi orangtua bukan hanya menuntut saja tetapi dibutuhkan perlunya diskusi kecil dalam menyelesaikan sebuah pekerjaannya.

Dan selain itu orangtua dan anak dilatih juga menghargai barang berkas karena dengan kreatifitas dari barang bekas bisa dirubah menjadi berguna dan berharga serta dengan media baru berupa galon dan cat akrilik. Serta bagi para peserta merupakan sesuatu yang baru. 

Harapannya semua kegiatan lomba ini menjadi menyenangkan dan khusunya menjadi sebuah rekreasi. Salah satu peserta bernama Dania Seliva Latashia ternyata peserta paling jauh dari Wonogiri , ibunya yang juga ikut membantu mengatakan kalau lomba ini hanya buat pengalaman. 

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19

Tetapi melihat Latashia dan ibunya saat melukis galon tampak sudah terampil menggunakan cat lukis. Karya peserta memang ternyata bagus –bagus kreatifitasnya tetapi kebanyakan untuk tempat pot tanaman. Lombapun berakhir menjelang sholat Dhuhur tetapi oleh panitia masih diberi kesempatan setelah sholat dhuhur untuk menyempurnakan lagi. 

      Makanku praktis dan tidak ribet

Akhirnya melalui banyak pertimbangan estetika maupun kreatifitasnya diputuskan pemenangnya yaitu : Juara I Dania Selvia Latashia kelas 5, Juara 2 Nimas kelas 6, Juara 3 Najlaa kelas 1, Harapan 1 Novadenna Aulia, Harapan 2 Abel Putri kemudian terpilih 10 juara favorit diantaranya Gibran Mizza, Hasna Ara,Nirwasita, Rafid Rasendra, Oktanio Atmaja Adinata, Aqila, Nayla Syifa R, Kayra Anindya K D, Alvirainy Faila S dan Habib. 

Dari informasi Panitia untuk Juara I sampai Juara Harapan II dapat uang pembinaan serta sertifikat dari Yayasan Al-Furqon. Namun bertepatan lomba sebagai kegiatan Romadhon dari Masjid Al-Furqon menginormasikan untuk pembagian hadiah diberikan saat Nuzulul Al-Quran yang infonya hari Selasa 19 April 2022 Pukul 20.00 WIB bakda Taroweh.# Naskah dan foto : Taufik

                    ¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥







Thanks for reading Lomba Lukis Galon Semarakkan Ramadhan Masjid Al Furqon Makamhaji | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS