Masjid Paramosono PB II Gelar Buka Puasa Senin Kamis

Mei 24, 2022
Selasa, 24 Mei 2022


 Masdjid Paramosono Sinuhun PB II Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat 1749. Foto : Yan 1.

GUGAT news.com. SOLO.

Masjid Paramosono Sinuhun Paku Buwono II Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang ada di sebelah barat Kori Brojonolo Lor ini, biasa menggelar berbuka puasa gratis setiap hari Senin dan Kamis atau yang dikenal sebagai Puasa Sunnah Rasulullah. Sebenarnya bukanlah hanya kegiatan itu saja yang biasa diperuntukkan bagi warga Baluwarti, Kota Solo khususnya dan Soloraya pada umumnya. 

Suasananya buka bersama di serambi Masjid Paramosono PB II. Sederhana namun berkah. Foto : Yani

Kalau hari Senin dan Kamis, dituturkan Ustadz Nadzir, Masjid Paramosono dalam menyediakan menu-menu buka bersama tidak begitu banyak. Paling sekitar 30 sampai 50 porsi lengkap dengan minum teh dan es tehnya. Juga Puasa Sunnah Rasulullah Yaumil Bird, disediakan untuk umum sekitar 30-50 porsi juga. Namun tidak dengan Jumat Berkah, bisa 100-125 porsi makan dan minum. Lain halnya dengan saat Ramadhan, bisa lebih dari 150 porsi.

Selain buka bersama Senin Kamis untuk umum, Masjid kedua yang dibangun oleh Sinuhun PB II setelah Masjid Pudyosono yang ada di dalam Tembok Beteng Cempuri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini, juga biasa dilakukan buka bersama di hari Yaumil Bird, setiap tanggal 13, 14 dan 15 di bulan Qomariyah. Juga ada Jumat Berkah pada setiap usai shalat Jumat. Yang pasti, buka bersama selama bulan Ramadhan juga digelar di setiap tahunnya. 

      Makanku praktis dan tidak ribet

Lengkap sudah. Puasa dari Sunnah Rasulullah Senin Kamis, Jumat Berkah, Yaumil Bird sampai bulan Ramadhan penuh selama satu bulan. "Alhamdulillah... rejekinya Masjid Paramosono PB II senantiasa melimpah dan berkah. Selain buka bersama, setiap acara kajian dan pengajian tausyiah yang sepekan dua sampai tiga kali, juga kami sediakan hidangan pelepas lelah," terang Ustadz Nadzir selaku Ketua Takmir Masjid Paramosono PB II.

Masalah menu, lanjut Ustadz Nadzir, memang sederhana dan murah, tapi bukan murahan melainkan justru menyehatkan. Serba sayur mayur, tahu tempe dan telur. Tak jarang ikan juga disiapkan. Pastinya, menu selalu berganti ganti setiap hari nya. Khusus belan Ramadhan, selain ada teh dan es teh, disediakan juga kolak dan es koktail atau es buah. "Alhamdulillah... pokoknya siapapun yang berbuka bersama di Masjid Paramosono istimewa dan diistimewakan,"pungkas Ustadz Nadzir sambil mengajak GUGAT news untuk turut menikmati lezatnya bakso Jumat Berkah. #Yan 1.




Thanks for reading Masjid Paramosono PB II Gelar Buka Puasa Senin Kamis | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS