Gusti Puger Pakani Kebo Bule Di Sitihinggil Kidul

Juni 28, 2022
Selasa, 28 Juni 2022


 KGPH Puger berikan kangkung kepada Kebo Bule di Sitihinggil Kidul

GUGAT news.com SOLO

Ditemui di Alun-alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau tepatnya di Sitihinggil Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang untuk sementara waktu dipakai sebagai kandang Kebo Bule Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, belum lama ini Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger, mengaku tengah makani, memberikan makanan sayur kangkung kepada salah satu diantara belasan Kebo Bule. 

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat 

"Seminggu bisa dua atau tiga kali saya memberikan makanan kangkung ke Alun-alun Kidul, baik itu yang ada di kandang Sitihinggil Kidul maupun yang berada di kandang selatan Alkid. Selain makani Kebo Bule, sekaligus momong cucu serta tilik omah, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat setelah beberapa saat kami tidak tinggal lagi di dalam keraton,"tutur KGPH Puger seraya menambahkan Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII yang tinggal di keraton hanya Sinuhun Paku Buwono XIII.

Disinggung maksud dan tujuan Makani sayuran kangkung ke Kebo Bule, Gusti Puger panggilan akrab KGPH Puger menjawab panjang lebar, jika binatang apapun juga perlu makan pada setiap harinya. Apalagi kalau hewan itu dipelihara dan dikandangkan yang pastinya kurang leluasa untuk mencari makanan, sebagai pemilik berkewajiban kudu, harus memperhatikan makannya. 

"Mewakili Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, secara pribadi saya banyak menghaturkan rasa terima kasih kepada masyarakat yang telah berkenaan memberikan sayur kangkung ke Kebo Bule milik Keraton. Alhamdulillah...itu semua menjadikan berkah tersendiri. Baik bagi Kebo Bule juga kepada yang memberikan kangkung. Artinya, Kebo Bule dapat makan sedangkan pemberi makan mendapatkan berkah sedekah. Nglarisi dagangan kangkung," jelas Gusti Puger berfilsafat.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

Kalau masalah hari atau kapan dirinya harus memberikan makanan sayur kangkung kepada Kebo Bule, tiada waktu khusus tersendiri. Begitu salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga budayawan ini merasa longgar waktunya dan harus momong cucu, jujugan pertamanya ke Alun-alun Kidul. "Momong cucu sekalian tilik keraton dan Kebo Bule," pungkas KGPH Puger sambil mengulurkan sayuran kangkung kepada Kebo Bule. #Yani

 










Thanks for reading Gusti Puger Pakani Kebo Bule Di Sitihinggil Kidul | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS