Ustadz Dr MS Kalono SH MSi Soroti Taman "Sunan" Jogo Kali

April 11, 2023
Selasa, 11 April 2023


       Ustadz Dr MS Kalono SH MSi

GUGAT news.com KARANGANYAR

Ngabuburit sambil menunggu datangnya buka puasa, di salah hotel syariah di wilayah Kabupaten Karanganyar, Senin (10/4) sekitar pukul 16.30 WIB, di depan beberapa rekan wartawan, Ustadz yang sekaligus Praktisi hukum, Dr MS Kalono SH MSi bercerita tentang seputar keberadaan Taman Sunan Jogo Kali yang ada di Kampung Pucangsawit, Jebres, Solo dan kabarnya milik mantan Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

Taman Sunan Jogo Kali yang ada di Kampung Pucangsawit, Jebres, Solo.

Sebenarnya, lanjut Ustadz Kalono, ada beberapa hal yang dilanggar oleh Taman Sunan Jogo Kali. Diantaranya lokasi terletak di atas bantaran sungai besar, Bengawan Solo yang pastinya berkaitan dengan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo ( BBWSBS) selain itu juga dengan BPCB, cagar budaya yang berkaitan dengan nilai historisnya Sungai Bengawan Solo.

Taman Sunan Jogo Kali yang berada di atas bantaran Sungai Bengawan Solo 

"Yang tidak kalah menariknya, kenapa harus menggunakan istilah Sunan untuk sebuah taman? Taman Sunan Jogo Kali yang disini akronimnya jauh menyimpang dari istilah Sunan. Sunan adalah sebutan bagi sosok seorang alim yang sangat menguasai Agama Islam dan pastinya beragama Islam. Seorang Sunan dengan pendalaman aqidah Islam nya, tidak pernah nelongso, menderita. Senantiasa terjaga oleh Sang Kholik Allah SWT,"  jelasnya.

Lukisan FX Hadi Rudyatmo di area Taman Sunan Jogo Kali 

Lha ini, masih menurut penuturan Praktisi hukum Dr MS Kalono SH MSi, akronimnya dari SUNAN JOGO KALI bermakna Sanadyan Uripe Nandhang Atine Nelangsa Jejeg Ora Goyah Ora goreh KAnthi Linambaran Iman. Yang dimaksud hatinya sengsara itu siapa? FX Hadi Rudyatmo kah sang mantan Walikota Surakarta yang disebabkan di area Taman Sunan Jogo Kali tersebut terpampang gambar atau semacam lukisan berukuran besar sosok seorang FX Hadi Rudyatmo.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

"Beliau kah yang dimaksud sebagai Sunan Jogo Kali? Bukankah sebutan Sunan hanya dikhususkan kepada mereka seorang alim yang pastinya beragama Islam? Bagaimana dengan FX Hadi Rudyatmo? Sebenarnya masalah ini sudah ramai dibicarakan oleh umat Islam di Solo. Hanya saja, saat itu tengah Pandemi Covid 19, sehingga tiada kegiatan yang berkelompok apalagi harus demo," tegas Ustadz Kalono.

Disini cukup diselesaikan dengan cara kekeluargaan saja, semoga Mas Gibran Rakabuming Raka selaku bapaknya Wongsolo berkenan untuk menegur sang mantan Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo untuk merubah namanya taman tersebut. Bisa jadi akan lebih bagus berganti nama Taman FX Hadi Rudyatmo atau semisal dengan sebutan lokasi keberadaan destinasi wisata, Taman Pucangsawit atau Pucang Arum atau yang lainnya.

Dikarenakan berada di atas bantaran sungai, setidaknya juga harus ada perijinan dari pihak BBWSBS selaku pengelola sekaligus pemilik lahan bantaran sungai. Bisa jadi, juga adanya surat perijinan dari pihak BPCB selaku pengelola cagar budaya. Yang dalam hal ini, Sungai Bengawan Solo. "Yang menjadi pertanyaan, adakah surat ijin dikeluarkan oleh BBWSBS serta BPCB akan keberadaan Taman Sunan Jogo Kali yang pastinya membahayakan lantaran rawan terjadi banjir," pungkas Ustadz Kalono bersamaan kumandangnya adzan Maghrib saatnya berbuka puasa. #Yani.













Thanks for reading Ustadz Dr MS Kalono SH MSi Soroti Taman "Sunan" Jogo Kali | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS