Hikmah Insiden Kori Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Oktober 14, 2023
Sabtu, 14 Oktober 2023


       KP Dr Edhie Wirabhumi SH MH 

GUGAT news.com SOLO 

Ditemui GUGAT news di ruang kerjanya, Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kanjeng Pangeran (KP) Dr Edhie Wirabhumi SH MH, menantu Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga merupakan suami dari Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari Koes Moertiyah yang akrab disapa Gusti Mung, mengaku insiden Kori Kamandungan sudah selesai.

Insiden Kori Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat 

Selesai dari insiden Kori Kamandungan, lanjut Kanjeng Edhie, sapaan akrab KP Dr Edhie Wirabhumi SH MH, dirinya langsung masuk keraton menemui Sinuhun PB XIII bersama Kanjeng Ratu PB XIII dan salah seorang Sentana Ndalem untuk membicarakan solusi dari insiden Sinuhun PB XIII menolak Keputusan Mahkamah Agung (MA) yang dilaksanakan Pengadilan Negeri (PN) Solo.

"Dari pendekatan kami secara persuasif dan berbicara dengan Sinuhun, Kanjeng Ratu, satu orang Sentana Ndalem akhirnya Sinuhun meski dalam kondisi sakit stroke, bisa menerima. Pembicaraan secara halus kami diterjemahkan Kanjeng Ratu dan langsung disampaikan ke Sinuhun. Hasilnya, Sinuhun bisa menerima," jelas Kanjeng Edhie.

Yang pasti, masih menurut penuturan Kanjeng Edhie, dengan kejadian Kori Kamandungan saat itu lantaran disebabkan kurang sepenuhnya Sinuhun menerima penjelasan akan Keputusan MA yang dikerjakan oleh Pengadilan Negeri Solo. " Alhamdulillah...sekarang sudah selesai dan semoga saja ini kejadian kali terakhirnya," harap Kanjeng Wirabhumi.

Disinggung masalah dampak yang mungkin bisa ditimbulkan dengan rencananya revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang untuk sementara waktu pada Alun alun Lor dan Kidul, Kanjeng Edhie menjawab singkat," Tidak ada dampak yang ditimbulkan dengan rencananya revitalisasi."

Semoga saja apa yang menjadikan harapan KP Dr Edhie Wirabhumi SH MH sekaligus masyarakat luas, khususnya bagi warga Kota Solo, kondusifnya, nyaman damai Toto Titi Tenteram Kerto Raharjo, Rahayu...rahayu suasana Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat terwujud. "Keraton tetap dibuka tidak ditutup sekalipun untuk keperluan penting ritual," pungkas KP Dr Edhie Wirabhumi SH MH. #Yani.









Thanks for reading Hikmah Insiden Kori Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS