Tugu Lilin Pajang Mungkin Tak Dibangun Lagi

Oktober 26, 2023
Kamis, 26 Oktober 2023


 Tugu lilin Pajang hampir rata dengan tanah. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun oleh GUGAT di sekitar Tugu Lilin Pajang atau Makamhaji, sepertinya Tugu Lilin yang usianya sudah ratusan tahun itu tidak akan pernah dibangun lagi. Pasalnya, dianggap makan tempat sehingga memperkecil area dari jalan Dr Rajiman, Solo ke Kartasura atau sebaliknya, termasuk ke arah Gentan, Baki, Sukoharjo.

"Dari informasi yang kami himpun, baik Kalurahan Pajang, Dishub Solo, PUPR Solo Juga warga masyarakat Makamhaji, sepertinya Tugu Lilin Pajang atau Makamhaji sudah cukup mengganggu sarana lalu lintas dan membahayakan kendaraan besar, semacam truck atau bis," jelas Sumardjo (60) warga setempat yang tidak jauh dari Tugu Lilin.

Masih menurut penuturan Sumardjo, memang pernah ada rencana dibangun pas di sebelah selatan berdirinya Tugu Lilin, namun oleh PUPR tidak diperkenankan. Termasuk juga oleh Dishub, sehingga ada wacana mau dibangun di sebelah utara Tugu Lilin, tepat di depan Toko Rojo.

"Hanya saja, perlu komunikasi tersendiri dengan pemilik lahan. Pasalnya lahan milik pribadi dan berada persis di depan usahanya. Hal ini tidak mudah bukan? Perlu koordinasi lebih jauh. Itu baru sekedar wacana. Hal ini jelas perlu koordinasi dengan warga masyarakat lebih jauh!" Jelasnya .

Sepertinya bukan tanpa alasan, lanjut Sumardjo, perlu dan tidaknya Tugu Lilin Pajang kembali didirikan. Pastinya ada plus minusnya sekaligus dampak dan manfaatnya. Bisa jadi, tiga kali sudah Tugu Lilin ditabrak mobil, sehingga menjadikan pertimbangan tersendiri untuk perlu dan tidaknya Tugu Lilin di angin kembali.

" Untuk masalah biaya, sepertinya semua akan ditanggung oleh mobil truck ayam yang menabraknya pada beberapa hari lalu, Jumat (29/9). Tinggal adanya kesepakatan warga masyarakat Pajang, Lurah Pajang, Dishub serta PUPR Pemkot Solo." pungkas Sumardjo. #Yani

Thanks for reading Tugu Lilin Pajang Mungkin Tak Dibangun Lagi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS