Khataman Sekaligus Bukber Dengan Tumpengan Di Al Furqon

Maret 27, 2024
Rabu, 27 Maret 2024


 Khusyuk nya suasana khataman di Masjid Al Furqon

GUGAT news.com SUKOHARJO

Selasa 26 Maret 2024 Pukul 17.00 WIB Masjid Al-Furqon yang ada di Karanglor RW 15 Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo tampak ramai dipenuhi Jamaahnya. Ada anak-anak TPQ, Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak. Mereka terbagi dua bagian, ada yang didalam Masjid dan diluar Masjid. 

Usai menyiapkan takjil Ibu-ibu Jamaah Masjid Al-Furqon  turut menikmati nasi tumpengnya,

Di dalam Masjid, ada puluhan jamaah ibu-ibu dan belasan Bapak-bapak berikut siswa-siswi TPQ yang sedang Tadarus Al-Quran. Sepertinya pada sore itu tengah menyelesaikan bacaan Al-Quran, sehingga berlanjut khataman. 

Serta sedang yang berada di luar beberapa ibu-ibu berseragam serba hitam itu tengah menyiapkan takjil buka bersama dengan menata puluhan nasi tumpeng, jajanan pasar, minuman dan buah-buahan. 

Puluhan nasi Tumpeng berikut pincuk di Masjid Al-Furqon

Sebagai mana konsep dari Panitya yang dibuat ala tempo dulu, maka buka bersama kali ini memakai pincuk atau piring dari daun pisang bahkan juga tanpa sendok alias dipuluk dengan jemari tangan. 

Dalam kesempatan itu, ketua panitya  Zaim panggilan akrab dari Diar Dwi Abrianto,S.Tr, MA mengatakan, "Dan untuk menu buka puasa ini dibuat seperti layaknya bancakan saat panen. Karena konsepnya kampung Romadhon konsep jawa maka buka puasanya juga konsep ala jawa," 

Zaim ( sarung merah) Ketua Panitya ditengah-tengah para Jamaah yang berbuka puasa diluar Masjid

Sehingga bukber nya, masih menurut penuturan Zaim, alias nasi tumpeng berikut pincuknya, piring yang terbuat dari daun pisang. Konsep ini ingin mengembalikan dan mengenang kembali masa tempo dulu dimana saat itu sangat menjunjung kebersamaan dan kerukunan. 

"Alhamdulilllah para jamaah maupun warga sekitar dengan keberadaan acara ini bisa bersama- sama dalam kebersamaannya untuk peran serta mendukung acara ini bisa lancar dan sukses." pesan Zaim 

Rencana panitya untuk buka bersama diadakan diluar Masjid dengan menggelar tikar sepanjang gang depan Masjid, akan tetapi karena hujan rintik-rintik terpaksa dipindahkan ke teras Masjid. 

Menariknya beberapa bapak-bapak tetap menggelar tikar diluar Masjid, bahkan mereka sangat menikmati sekali. Suasana buka bersama di Masjid Al-Furqon seperti layaknya bancakan karena menu yang dinikmati seperti nasi urap trancam, ada telur,  tahu tempe bacem, karak, gereh, peyek kacang dan buah semangka. Semua tersaji di atas pincuk dan cara makannyapun dipluluk pakai jemari tangan.  

Suasana Buka bersama hari itu memang berbeda dari yang lain. Ketua Yayasan Al Furqon H.Sukidi,S.Ag.  S.Pd, MPdI menyampaikan sangat bersyukur acara bisa lancar, sukses dan pada kesempatan itu ikut mengucapkan banyak terima kasih kepada semua yang  mendukung acara.

Pastinya dari Panitya kegiatan Romadhon Masjid Al-Furqon, Insya Allah semua menjadi barokah serta amal kebaikan. 

Mengakhiri acara buka bersama di Masjid Al-Furqon, diinformasikan jika pada hari Kamis, 28 Maret 2024 diadakan Pengajian Nuzulul Qur’an, dengan penceramah Ustad Muhlis Ngatmanto. 

Dari Ketua Takmir Masjid Suwanda Hadi Wijaya,SE juga menambahkan, "Insya Allah untuk hari minggu terakhir di bulan Maret 2024 ini ada doorprize, khususnya subuh berjamaah di Masjid Al-Furqon, " janji Suwanda. # F1Q/ Yani.










Thanks for reading Khataman Sekaligus Bukber Dengan Tumpengan Di Al Furqon | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS