Panggung Songgo Buwono dan Pen Capres an

Maret 07, 2024
Kamis, 07 Maret 2024


 Panggung Songgo Buwono Sinuhun Paku Buwono (PB) III Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

GUGAT news.com SOLO 

Beberapa tahun lalu, GUGAT news pernah bertemu langsung sekaligus mendengarkan cerita misteri dari salah seorang abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang biasa caos dahar atau menghaturkan sesajian ke Panggung Songgo Buwono yasan dalem Sinuhun Paku Buwono ( PB) III Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pada tahun 1782 itu.

Dari penuturan abdi dalem itu, dikisahkan jika dirinya pernah diminta untuk mengantarkan sekaligus mendampingi seorang jenderal bintang 4 yang mau maju sebagai calon presiden. Pastinya untuk bisa naik ke atas panggung Songgo Buwono yang berlantaikan 4 tersebut sudah mendapatkan restu dan ijin dari Sinuhun.

Menariknya dari cerita abdi dalem tersebut, begitu sudah sampai menginjakkan kaki pada anak tangga terakhir tinggal selangkah lagi masuk di lantai 4, mendadak sang jenderal jatuh tepat di lantai ke 4. Serta merta dibantulah sang jenderal oleh pengawal untuk bisa berdiri sempurna.

Saat itu pula, sang jenderal minta didoakan kepada abdi dalem itu agar hajatnya terkabulkan untuk memilih nomor urut Pen Capres an. Bukannya berharap berkah menang Pen Capres an dan menjadi Presiden, malahan hanya minta nomor urut sebagai capres. Tak berapa lama, doapun dipanjatkan.

Dan sesuai dengan permintaan sang jenderal, nomor urut Pen Capres an pun terkabulkan sesuai hajatnya. Hanya saja, doa terkabul masalah permohonan nomor urut seleksi Pen Capres an bukan menang menjadi Presiden. Hasilnya ya kalah, tidak menang untuk menjadi Presiden.

 "Ya sudah, permintaan nomor urut terkabulkan sesuai kemampuan sang jenderal itu, namun pemenangan Capres kalah. Harusnya berharap berkah kepada Allah SWT menang menjadi Presiden bukan minta nomor urut seleksi Pen Capres an. Kita hanya berusaha ketentuan ada di kuasa Ilaihi, Allah SWT," pungkas abdi dalem itu sambil tersenyum. #Yan 1

Thanks for reading Panggung Songgo Buwono dan Pen Capres an | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS