Puasa Siang Hari Di Masjid Agung PB III

Maret 22, 2024
Jumat, 22 Maret 2024


 Rebahan puasa di serambi Masjid Agung PB III. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO

Bisa jadi, kebanyakan masjid yang ada di tanah air ini melakukan hal sama. Istirahat siang saat berpuasa sambil rebahan, tiduran di serambi masjid menjadikan alternatif tersendiri. Nyaman, leluasa sehingga tiada terasa waktu terus saja berlalu.

Seperti siang itu, Jumat (22/3) bakda shalat Jum'at di Masjid Agung PB III Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang ada di sebelah utara Pasar Klewer, ramai jamaah beristirahat di serambi masjid setelah selesai dari Shalat Jumat. Belasan orang leyeh leyeh di serambi.

Kalau dikatakan Ngabuburit, sepertinya kurang tepat. Masalahnya, ngabuburit biasa dilakukan setelah bakda shalat ashar yang waktunya sudah berdekatan dengan datangnya waktu Maghrib. Namun tidaklah demikian dengan bakda shalat Jum'at terus leyeh leyeh, istirahat sambil rebahan di serambi masjid.

Lebih tepatnya ya dikatakan istirahat barang  sejenak guna melepas kepenatan siang hari di bulan Ramadhan yang kebetulan kondisinya cukup panas. Dengan duduk duduk sambil bermain hp, rebahan dengan melihat lihat hp serta tidur sebenarnya hingga ngorok ngorok terlelap.

" Kalau hari biasa, jarang yang seperti ini, rebahan sampai tertidur pulas. Ya habis jumatan saya langsung makan siang dan pulang kembali bekerja lagi di Pasar Klewer yang tidak jauh dari Masjid Agung ini," terang Yanto, pekerja di Pasar Klewer.

Lain halnya dengan Basuki, begitu selesai dari Shalat Jumat pada hari selain Ramadhan, ya makan bakso di dalam Pasar Klewer yang sangat terkenal itu sambil melihat di sana sini, baik pembeli maupun penjual tekstil nya yang cantik-cantik," gurau Basuki yang bekerja di salah satu Bank yang tak.jsuh dari Masjid Agung PB III Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini.

Baik Basuki maupun Yanto, mengaku sudah bertahun-tahun jika pada bulan puasa dan selesai dari jumatan, ya langsung leyeh leyeh menunggu rampungnya jam istirahat. Pernah ketiduran hingga datangnya waktu shalat ashar, pastinya terlambat ke tempat pekerjaan. 

" Umumnya pemimpin bisa memaklumi jika datang terlambat ke kantor di saat hari Jumat di bulan puasa." terang Basuki yang juga turut diiyakan oleh Yanto sambil tersenyum. # Vin.

Thanks for reading Puasa Siang Hari Di Masjid Agung PB III | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS