Alun alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Akan Ditanami Rumput

Mei 27, 2024
Senin, 27 Mei 2024


 Alun alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang akan ditanami rumput. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO 

Seperti apa yang tempo hari pernah disampaikan Kanjeng Pangeran ( KP) Dr Edhie Wirabhumi SH MH, menantu Sinuhun Paku Buwono (PB) XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga merupakan suami dari Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari Koes Moertiyah yang akrab disapa Gusti Mung ini, baik Alun alun Lor dan Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, kesemuanya akan ditanami rumput, bukan pasir laut.

Bukan pasir laut kidul atau Pantai Selatan ataupun juga pasir kali atau sungai Bengawan Solo sekalipun. Tetap rumput hijau, layaknya lapangan bola. Hanya saja, masalah jenis rumput nya yang masih dalam tahap kajian. Pasalnya, dibutuhkan rumput yang banyak sekali untuk kedua Alun alun Lor dan Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini.

Ditegaskan Kanjeng Wiro, sapaan akrab KP Dr Edhie Wirabhumi SH MH, masalah mereka para pedagang kaki lima, baik kuliner, mainan anak ataupun yang lainnya nantinya masih tetap saja bisa berdagang. Hanya saja tidak sama dengan sebelum Alun alun Kidul direvitalisasi. Ada ketentuan, peraturan dan ketertiban yang lebih ketat dari sebelumnya. 

" Tidak semrawut, semua pelaku UMKM, pedagang yang nantinya ada di sekitar Alun-alun Kidul harus tertib. Bagi yang tidak mengindahkan ketertiban dilarang keras berjualan. Takutnya kalau tidak diatur dengan ketat, nanti suasana tampak kumuh, kebersihan kurang terjaga. Intinya pedagang harus mentaati apa yang menjadikan aturan berdagang di Alun-alun Kidul," tegas Kanjeng Edhie.

Disinggung masalah kandang Kebo Bule serta peninggalan Gerbong Kereta Api Jenazah PB X, Kanjeng Edhie menjelaskan, keduanya nanti juga perlu semacam perbaikan. Khususnya kandang Kebo Bule dibuatkan di sebelah selatan, tidak lagi menempati ruangan Sitihinggil Kidul. Sitihinggil Kidul bersih seperti semula.

" Dua gerbong kereta api peninggalan Sinuhun Paku Buwono X, nantinya ada semacam perbaikan tersendiri. Setidaknya di cat ulang serta bagian yang tidak diperbaiki. Termasuk gerbong dan tembok area yang melingkupi gerbong. Kesemuanya nanti tertata rapi," pungkas KP Dr Edhie Wirabhumi SH MH. #Yani.

Thanks for reading Alun alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Akan Ditanami Rumput | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS