Cagar Budaya Kantor Bondo Loemakso PB X Dijual

Juni 07, 2024
Jumat, 07 Juni 2024


 Kantor Bondo Loemakso rencananya mau dijual 15.5 milyar. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO.

Begitu MMT berukuran 1 x 3 yang bertuliskan Dijual dan terpampang jelas di depan pagar rumah bersejarah peninggalan Sinuhun Paku Buwono (PB) X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yaitu Bondo Loemakso (1917), langsung ramai menjadikan banyak perbicangan orang, khususnya bagi warga masyarakat Kota Solo.

Sepertinya sah dan wajar saja bilamana kejadian itu ramai diperbincangkan orang, bukan tanpa alasan mereka banyak membicakan niat sang pemilik untuk menjual rumah yang sudah masuk cagar budaya tersebut. Begitu marak beredar gunjingan masyarakat, sehingga tak lama kemudian MMT dengan tulisan jelas, "Dijual" langsung dicopot.

Namun demikian, masih saja ada yang berdatangan melihat lihat suasana Ndalem Bondo Loemakso, Kantor Bank Perkreditan ratusan tahun silam. Bahkan pedagang warung makan yang ada di halaman Ndalem Bondo Loemakso yang sekaligus merupakan orang kepercayaan serta dititipinintuk menjaganya pun serasa enggan memberikan jawaban saat di tanya wartawan. "Saya tidak tahu!" jawab nya singkat.

Selain tidak mau menjawab, ibu pedagang warung makan yang usianya tampak lanjut itu, kelihatan ketakutan menjumpai wartawan. Sehingga dengan ucapan seperti orang ketakutan, ibu tua tersebut berharap dengan ucapan santun meminta yang berdatangan dan tidak jajan makan atau minuman dimohon untuk segera keluar dari halaman Ndalem Bondo Loemakso.

 "Sumonggo bapak ibu medal kemawon nggih! Kulo mboten mangertos masalah Ndalem Bondo Loemakso Ajeng dijual. Kulo buruh, wong cilik ingkang dipun pasrahi nunggu. Silakan bapak ibu keluar saja ya! Saya tidak tahu masalah Ndalem Bondo Loemakso mau dijual. Saya buruh, orang kecil yang hanya dipasrahi menjaganya." ujar ibu tua pedagang warung makan itu tampak ketakutan.

Sedangkan salah satu Menantu Ndalem Sinuhun Paku Buwono ( PB) XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kanjeng Pangeran ( KP) Dr Edhie Wirabhumi SH MH, saat dijumpai GUGAT di ruang kerjanya menjawab singkat," Itu dulu milik Sinuhun PB XII yang diberikan kepada salah satu Putri Ndalem. Masalah dijual kami tidak tahu menahu," ujarnya. #Yani.


Thanks for reading Cagar Budaya Kantor Bondo Loemakso PB X Dijual | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS