Kajian Islam Ustadz H Ipmawan M Iqbal : WAKTU

Juni 21, 2020
Minggu, 21 Juni 2020

Kajian Islam  :
Ustadz H Ipmawan M Iqbal

WAKTU
Kesuksesan dan keberhasilan itu membutuhkan waktu. Bagi kita seharusnya waktu tidak hanya diartikan nilai uang, “time is money”  tetapi waktu itu nyawa dan kehidupan kita. Tak ternilai harganya, karena kita tak pernah bisa membelinya dg harga berapapun.

Manusia yg melakukan hal yg sia2, tak pandai mengatur waktu dan membuang kesempatan adlh mereka yg tidak menghargai kehidupan dan nyawanya.

Waktu hidup kita ini hy bisa dibagi menjadi tiga. Sudah berlalu, saat ini dan akan datang. Waktu yg berlalu akan mendatangkan manfaat apabila bisa menjadi modal muhasabah/ introspeksi diri utk meningkat lebih baik dan maju.

Orang2 berhasil dan sukses akan memanfaatkan waktu sekarang, saat ini, berpaling dari melakukan perkara yg sia2 (QS alMukminun; 3). Waktu sekarang adlh waktu yg kita genggam, kuasai dan miliki. Dalam bahasa Inggris waktu sekarang itu disebut _present_ , maksudnya _give_ atau anugerah, hadiah. Hadiah tak boleh disia2kan dan harus dihargai.

Orang2 yg mengatakan bhw mereka tak punya waktu/ kurang waktu hanyalah mereka yg bodoh dan malas. Semua manusia punya waktu yg sama (1 hari, 24 jam, 1440 menit dan 86400 detik); tapi cara memanfaatkannya yg berbeda2.
Orang sukses bisa memanfaatkan waktunya dengan baik, kenapa kita tidak.

Penyakit was2 harus kita buang karena hal ini akan membuang waktu hidup kita. Takut gagal, takut tak sempurna; hanya Allah yg Maha Sempurna. Was2, banyak pengandaian akan menunda dan memperlambat amal, akhirnya kita tak dapat menghasilkan kebaikan atau manfaat apa pun dalam kehidupan kita.

وَالۡعَصۡرِۙ
1. Demi masa,
اِنَّ الۡاِنۡسَانَ لَفِىۡ خُسۡرٍۙ
2. sungguh, manusia berada dalam kerugian,
اِلَّا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوۡا بِالۡحَقِّ ۙ وَتَوَاصَوۡا بِالصَّبۡرِ
3. kecuali orang2 yg beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati utk kebenaran dan saling menasihati utk kesabaran.

Allahu a'lamu bishowab.

20 Juni 2020/
28 Syawal 1441

*Progam Pendidikan AlQur'an Usia Dini (PPAUD) dan Kuttab Minal Mukhlashin* 
*Qur'anic Home Education*
*Ma'had Tahfidz Insan Qur'ani*

----081325995968-----

Thanks for reading Kajian Islam Ustadz H Ipmawan M Iqbal : WAKTU | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS